Umat Musim di Arab Saudi Gelar Sholat Istisqo Secara Serentak

- 19 November 2020, 19:28 WIB
Sholat Istisqa di Masjidil Haram.
Sholat Istisqa di Masjidil Haram. /Saudi Gazzete/


GALAMEDIA - Sholat Istisqo (meminta hujan) dilakukan pada hari Kamis 19 November 2020 di seluruh Arab Saudi sesuai dengan Sunnah Nabi Muhammad SAW.

Dikutip Galamedia dari Saudi Gazette Kamis 19 November 2020, di Masjidil Haram di Makkah, Sholat dipimpin oleh Imam Syekh Dr Abdullah Awad Al-Juhani di hadapan Pangeran Khalid Al-Faisal, penasihat Penjaga Dua Masjid Suci dan gubernur wilayah Makkah.

Di Masjid Nabawi di Madinah, sholat dipimpin oleh Imam Syekh Abdulbari Al-Thubaity di hadapan Pangeran Saud bin Khalid Al-Faisal, Wakil Gubernur Wilayah Madinah.

Di wilayah lain di Kerajaan, termasuk Najran, Qassim, Jaran, Provinsi Timur, dan Asir, puluhan jamaah melakukan sholat Istisqa mengikuti Sunnah Nabi mencari curah hujan di seluruh negeri.

Sebelumnya Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud meminta warga menggelar Sholat Istisqa untuk meminta hujan pada hari ini.

Baca Juga: Sebut Awasi Iran, Israel Kirim Pesan Mengancam pada Pasukan Quds dalam Serangan di Suriah

Seruan itu disampaikan secara resmi oleh pihak Kerajaan lewat sebuah pernyataan yang dikeluarkan Saudi Press Agency, Senin 16 November 2020.

Raja Salman.
Raja Salman. spa.gov.sa


Pernyataan tersebut mengingatkan bahwa Salat Istisqa ini mengikuti amalan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Raja Salman juga meminta semua orang untuk berdoa kepada Allah Yang Maha Kuasa, bertobat, memohon pengampunan dan rahmat.

Sholat Istisqa adalah sholat dilakukan untuk meminta diturunkannya hujan. Sholat ini dilakukan bila terjadi kemarau panjang atau karena dibutuhkan hujan untuk keperluan atau hajat tertentu.

Baca Juga: Batalkan Safari Dakwah, Habib Rizieq Saat Ini Memilih Beristirahat, Jeda Sejenak

Hukum sholat istisqa adalah sunnah muakkad dua rakaat. Tata cara salat minta hujan ini mirip seperti Salat Ied, termasuk jumlah takbir dan adanya khotbah setelah sholat.

Sholat Istisqa dikerjakan Nabi Muhammad SAW empat tahun sebelum beliau wafat. Ketika itu hampir satu tahun di wilayah Madinah dilanda kekeringan, umat Islam kesusahan sehingga meminta Rasulullah agar berdoa kepada Allah untuk menurunkan hujan.***

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Saudi Gazette


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x