Tingkat Keterisian Ruang Isolasi RSHS Bandung Capai 90 Persen

- 20 November 2020, 12:48 WIB
Ilustrasi Covid-19.*
Ilustrasi Covid-19.* /Pixabay/fernandozhiminaicela./

GALAMEDIA - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Hasan Sadikin Bandung mengaku adanya lonjakan pasien Covid-19 yang dirawat pada bulan November 2020. Karena itu, pihak rumah sakit harus melakukan evaluasi ketersediaan kapasitas tempat tidur isolasi, khususnya di (Gedung) Kemuning.

Direktur Perencanaan, Organisasi dan Umum RSHS Bandung drg Muhammad Kamaruzzaman, Kamis, 19 November 2020 mengatakan karena adanya lonjakan pasien Covid-19, pihaknya harus melakukan proyeksi apabila terjadi peningkatan terus-menerus. Ia mengungkapkan saat ini tingkat keterisian ruangan untuk pasien Covid-19 sudah mencapai 90 persen.

"Sekarang masih mencukupi. Gedung Kemuning sudah digunakan sebagai ruang perawatan Covid-19 dan selain Ruang ICU, juga HSU yang ada saat ini. Sehingga total kapasitas 90 persen. Kami berharap tidak banyak pasien yang datang," katanya seperti diukutip dari Antara.

Baca Juga: Dokter Tirta: Covid Mau Ultah, Negara Lain Bisa Konser Indonesia Masih Ribut Soal Kerumunan

Dia merinci tempat perawatan di Lantai 1 Gedung Kemuning RSHS Bandung jumlahnya 24 dan jumlah pasien yang dirawat di ruangan ini sebanyak 24. Di Lantai 2 Gedung Kemuning RSHS Bandung kapasitas 28 dan pasien 22, kemudian di Lantai 3 kapasitas 28 dan terisi oleh 28 pasien.

"Dan di Lantai 4 biasanya digunakan pasien negatif hasilnya atau ringan tanpa gejala yang siap dipindahkan, namun mengingat banyaknya pasien COVID-19, jadi sekarang digunakan untuk pasien yang dirawat," kata dia.

"Jadi jumlah tempat tidurnya 40 (lantai 4), tapi karena dipakai untuk menangani Covid-19 jadi harus diberi jarak dan kapasitas dikurang jadi 28 tempat tidur. Pasien saat ini ada 13 orang," lanjut dia.

Baca Juga: Rekaman CCTV dan Berita di Media Jadi Bukti Mengusut Pelanggaran Prokes di Markas Habib Rizieq

Selain itu, lanjut dia, di Ruang HCU RSHS Bandung dengan kapasitas tujuh tempat tidur, saat ini terisi oleh enam pasien lalu di Ruangan Isolasi Gedung Kemuning yang terdiri dari empat tempat tidur telah terisi sepenuhnya, begitu pula halnya dengan ruang IGD khusus pasien COVID-19 yang menampung sembilan pasien.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x