Mengakselerasi Monev 2021 di Jawa Barat

- 21 Juli 2021, 05:45 WIB
Dadan Saputra, Komisioner Komisi Informasi Jawa Barat
Dadan Saputra, Komisioner Komisi Informasi Jawa Barat /KIP Jabar/

GALAMEDIA - Sebagai amanat Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), salah satu indikator penting pelaksanaannya adalah kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) pelayanan informasi publik.

Monev ini setiap tahunnya diawali pengumpulan Self Assessment Questionnaire (SAQ)/kuisioner yang tenggatnya setiap akhir bulan Juli, atau sisa beberapa hari ke depan.

Merujuk Pasal 7 UU tersebut, monev adalah sarana utama rakyat melalui Komisi Informasi (KI) untuk menilai kepatuhan pelaksanaan kewajiban badan publik dalam menyediakan informasi akurat, benar, dan tidak menyesatkan.

Baca Juga: PPKM Darurat Diperpanjang! Jokowi Beri Relaksasi, Satgas Covid-19 Ungkap Kasus Covid-19 Naik 14 Kali Lipat,

Juga, mengevaluasi kewajiban badan publik dalam membuat pertimbangan tertulis setiap kebijakan yang diambil guna memenuhi hak setiap orang atas informasi publik.

Kemudian, pasal tersebut juga menjadi basis mengevaluasi kewajiban badan publik membangun sistem dan dokumentasi informasi publik secara baik dan efisien sehingga mudah diakses; Menilai kewajiban publik dalam wajib menyediakan, memberikan dan/atau menerbitkan informasi publik yang berada di bawah kewenangannya kepada pemohon informasi publik selain informasi yang dikecualikan.

Menjadi tantangan bagi kami di KI Jabar yakni selain segera mengevaluasi hasil kuisioner selepas tenggat tersebut, juga menghadapi sejumlah tantangan di depan mata terutama bagaiamana caranya bisa mengakselerasi monev tahunan pada tahun ini.

Baca Juga: Kejanggalan Dibalik Jokowi Serahkan Teknis Pelonggaran PPKM Darurat ke Pemerintah Daerah

Tantangan pertama adalah peningkatan kualitas monev merujuk raihan tahun lalu, yang mana baru tiga pemda kab/kota yang meraih peringkat informatif yakni memperoleh raihan skor evaluasi 90-100.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X