Sempat Bangkrut dan Berutang Rp300 Juta, Mukhlis Kini Punya Ratusan Karyawan

- 2 Juli 2020, 22:30 WIB
/

GALAMEDIA - Sedekah dapat menjadi keberkahan bagi umat muslim yang menunaikannya. Salah satunya seperti melapangkan rezeki, membuat seseorang yang sedang merintis usaha dan memulai bisnis mendapat keuntungan yang berlimpah.

Hal itu diungkapkan sendiri oleh seorang pengusaha asal Jakarta Timur, Mukhlis Syamaun (49), yang bisnisnya sempat gulung tikar hingga memiliki utang Rp300 juta. Namun kini ia bisa membeli dua sampai empat rumah dalam setahun.

Mukhlis memulai usahanya pada 2001 dengan membuka pameran di salah satu mal di Senen, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Ngaku Polisi Aniaya Warga, Empat Pemuda Dibekuk Aparat Polsekta Sukajadi

Keuntungannya kala itu mencapai 100 kali lipat perhari. Namun, ia mengaku, lantaran kurangnya bersedekah, maka hilanglah keberkahan itu.

“2007 saya bangkrut. Benar-benar bangkrut di bawah minus hingga Rp300 juta lebih. Saya juga enggak tahu darimana bisa datang hutang seperti itu padahal omzetnya banyak,” ujar Mukhlis melalui siaran pers KH Yusuf Mansur, Kamis 2 Juli 2020.

Dalam keterpurukan itu, Mukhlis berupaya bangkit dan intropeksi diri. Ia mengubah pola pikirnya dari yang hanya sedikit bersedekah dengan berbagi lebih banyak lagi. Setiap hari, ia tak pernah lupa menyisihkan uang untuk bersedekah hingga seluruh omzetnya (modal dan kentungan) ia sedekahkan.

Baca Juga: Roda Perekonomian Sudah Berjalan, Pemkot Cimahi Hentikan JPS

“Kala itu dari 10 gerai, hanya satu yang masih bertahan di Jatinegara. Memang omzetnya belum seberapa, tapi saya sedekahkan semua, cukup buat dapur hari itu aja. Besoknya dapat omzet lagi, saya sedekahkan lagi semuanya,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X