Bill Gates Memperkirakan Hal Mengerikan Soal Korban Virus Corona di Dunia

- 7 Agustus 2020, 19:08 WIB
Bill Gates. /Tangkapan Layar Twitter/NorahODonnell

GALAMEDIA - Pendiri Microsoft Bill Gates memperkirakan pandemi virus corona (Covid-19) bisa mulai dikendalikan pada akhir 2021. Saat ini virus corona telah membunuh 690 ribu orang di dunia.

Salah satu orang terkaya di dunia ini memperkirakan angka kematian masih bisa meningkat pada 3-4 bulan mendatang. Perkiraannya sangat mengerikan. Katanya secara global bisa meningkat hingga 1 juta kematian.

Ia mengatakan, jika penanganan bisa berlangsung baik maka angka kematian seharusnya bisa kurang dari 1,5 juta orang. "Tetapi skenario ini jika vaksin maupun obat segera ada," kata Bill Gates dilansir dari Paris Match, Jumat 7 Agustus 2020.

Baca Juga: Rusak Kepercayaan Bisnis Global, TikTok Serang Balik Donald Trump dan Ancam Gunakan Jalur Hukum

Soal pengobatan pasien Covid-19, ia menyatakan, harus segera ditemukan obatnya paling lambat tahun ini. Ada beberapa teknologi yang tengah bersaing salah satunya antibodi monoklonal yang menurutnya membawa harapan.

"Meski demikian vaksin tetap diharapkan bisa hadir pada akhir 2020 di skenario terbaik, atau pada semester I-2021. Setelah itu, harus disetujui, kemudian disebarluaskan, dan tantangan utamanya adalah bagi mereka yang memiliki paling banyak membutuhkan tetapi tidak akan memiliki sarana untuk membelinya," kata Gates.

Hal ini bisa terjadi pada negara-negara berkembang, dan menurutnya yayasan yang dimilikinya tengah mengupayakan solusinya. Menurut Gates pihaknya membiayai banyak proyek sains yang mencoba untuk memproduksi vaksin dalam skala besar.

Baca Juga: Gaji di Kisaran Ini yang Jadi Target Pemerintah untuk Mendapatkan Bantuan Rp 2,4 Juta

"Setiap hari saya berbicara pada pemimpin laboratorium yang saya coba cocokan dengan produsen yang kompatibel di India, atau tempat lain yang akan segera memproduksi miliaran dosis. Jadi kami bekerja dengan banyak jumlah kandidat dengan berbagi profil, dan ini membuat kami senang dan optimistis," kata Gates.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X