Cek Fakta: Ini Beberapa Risiko Penyakit Orang dengan Golongan Darah A dan Cara Mengatasinya

- 16 September 2020, 13:17 WIB
ILUSTRASI golongan darah.* /PIXABAY

GALAMEDIA - Bagi Anda dengan golongan darah A, ada beberapa fakta golongan darah A yang mungkin belum banyak diketahui para pemiliknya. Salah satu dari fakta tersebut adalah orang dengan golongan darah A dianggap lebih rentan terkena penyakit kardiovaskular, kanker, dan diabetes tipe 2. Namun, apakah benar demikian?

Seperti dikutip dari laman alodokter.com, sejak beberapa dekade terakhir, ada sejumlah penelitian yang mengklaim bahwa golongan darah erat kaitannya dengan risiko beberapa jenis penyakit.

Dengan kata lain, seseorang dengan golongan darah tertentu, termasuk golongan darah A, bisa saja rentan terhadap penyakit tertentu pula.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Sirsak , Mulai dari Pencegah Kanker hingga Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Risiko Penyakit pada Golongan Darah A
Ada beberapa kondisi kesehatan yang sering kali dikaitkan dengan golongan darah A, di antaranya:

1. Penyakit kardiovaskular
Menurut penelitian, pemilik golongan darah A berisiko terkena penyakit kardiovaskular setidaknya 5 persen lebih tinggi daripada golongan darah O. Tak hanya itu, sebuah penelitian juga menemukan bahwa golongan darah A cenderung lebih mudah mengalami peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL).

Kadar LDL yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun, berbagai risiko tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

Baca Juga: Mencuci Buah dan Sayur Menggunakan Sabun, Amankan? Ini Panduannya yang Wajib Diketahui

2. Penyakit kanker lambung dan kanker pankreas
Hasil studi menunjukkan bahwa orang dengan golongan darah A, B, dan AB diduga berisiko tinggi terkena kanker lambung daripada golongan darah O. Selain itu, orang dengan golongan darah A, B, dan AB juga lebih berpotensi mengalami kanker pankreas.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X