Amit-amit, Begini Nih Akibatnya Jika Terlalu Sering Menahan Kencing

- 18 September 2020, 15:39 WIB
Jangan menahan kencing terlalu sering. Foto Ilsutrasi /hellosehat.com

 

GALAMEDIA - Jika lagi tanggung, entah itu saat sedang sibuk atau dalam perjalanan, tidak ada wc terdekat, padahal mau buang air kecil (kencing), biasanya kita menahanya. Secara medis, boleh enggak kita menahan kencing atau pipis?

Kencing sangat penting dalam sistem urologi karena tubuh perlu mengeluarkan limbah dan kelebihan cairan dari tubuh. Namun, adakalanya buang air kecil perlu ditahan karena faktor tertentu, terutama ketika tidak ada kamar mandi terdekat. Lantas, apa akibat menahan kencing terlalu sering?

Dalam laman hellosehat.com, kandung kemih adalah tempat penampungan urine yang sudah siap dibuang oleh tubuh. Organ ini bersifat elastis, sehingga dapat meregang lebih besar jika isinya lebih banyak dan akan kembali ke ukuran normal ketika kosong.

Baca Juga: Hati-Hati! Jangan Curiga Berlebihan Sebab Bisa Jadi Salah Satu Tanda Gangguan Paranoid

Normalnya, orang dewasa dapat menahan sekitar 450 ml urine dalam kandung kemih. Sementara itu, anak-anak di bawah usia 2 tahun dapat menyimpan hingga 113 ml. Artinya, semakin dewasa, semakin tinggi kemampuannya menampung kencing.

Menurut ahli urologi dari Piedmont, Nazia Bandukwala, D.O, ia merekomendasikan untuk buang air kecil setiap tiga jam. Kebiasaan ini perlu dilakukan, terlepas apakah Anda ingin kencing atau tidak.

Anda mungkin dapat menahan kencing untuk beberapa saat, terutama ketika sedang dalam perjalanan. Namun, bukan berarti hal tersebut bisa dilakukan sesering mungkin.

Tidak langsung buang air kecil justru bisa menimbulkan berbagai penyakit dan masalah kesehatan yang mengganggu.

Baca Juga: Ternyata, Meski Banyak Digunakan, Buff dan Scuba Tidak Direkomendasikan WHO. Ini Pilihan Maskernya

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X