Kebanyakan Konsumsi Makanan Berlemak Saat Lebaran? Anda Bisa Lakukan Hal Ini

- 13 April 2024, 08:05 WIB
ILUSTRASI opor ayam makanan berlemak di hari lebaran./Instagram/ Achmady
ILUSTRASI opor ayam makanan berlemak di hari lebaran./Instagram/ Achmady /



GALAMEDIANEWS - Idulfitri atau lebaran 2024 sudah usai. Namun, makanan khas lebaran pastinya masih tetap tersisa.

Setiap lebaran, memang identik dengan makanan yang menggugah selera. Banyak yang mengonsumsi makanan olahan daging dan santan seperti rendang hingga opor ayam. Belum lagi kue kering dan berbagai makanan lainnya.

Baca Juga: ADA APA SICH!! Pertemuan Jokowi Dengan Megawati Hingga Kini Belum Memperlihatkan Tanda-tanda Akan Terealisasi!

Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, makanan-makanan yang kaya kalori, lemak, gula, dan garam tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan beberapa penyakit perlu diwaspadai pasca Lebaran seperti flu dan batuk, kadar kolesterol dan gula darah meningkat, asam urat naik, radang tenggorokan, diare hingga Maag.

Untuk itu, penting untuk mengonsumsi makanan dengan porsi yang seimbang dan tetap memperhatikan kualitas makanan yang dikonsumsi, terutama setelah masa puasa.

Selain itu, menerapkan pola makan makan sehat gizi seimbang, yaitu dengan membatasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol dan memperbanyak makan sayur dan buah-buahan.

Baca Juga: HATI-HATI!!! Balon Udara Jatuh Disusul Letusan Petasan Akibatkan Lima Rumah dan Sebuah Mobil Alami Kerusakan!

Lalu, berolahraga secara teratur dengan melakukan aktivitas fisik minimal 30-60 menit di tengah rutinitas saat berhari raya serta mencegah lonjakan berat badan dengan makan dengan porsi yang tidak berlebihan.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: bandung.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah