LPIK ITB Gelar E-Fest PMW X TOP ITB 2020

- 14 Desember 2020, 15:05 WIB
Talkshow dengan tema “Technopreneur masa kini dan masa depan”.
Talkshow dengan tema “Technopreneur masa kini dan masa depan”. /Tangkapan layar/

GALAMEDIA - ITB Career Center berkolaborasi dengan Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB menggelar acara pameran virtual bertajuk Entrepreneur Festival (E-Fest) PMW X TOP ITB 2020.

Acara tersebut merupakan ajang pameran produk wirausaha dari para peserta PMW X TOP ITB 2020 yang dilaksanakan secara daring pada Sabtu 12 Desember 2020 lalu.

Acara puncak dari rangkaian kegiatan PMW X TOP ITB 2020 berisi talkshow kewirausahaan dan pameran inovasi dari kelompok mahasiswa dilaksanakan secara virtual, Sabtu, 12 Desember 2020, lalu.

Acara talkshow dengan tema “Technopreneur masa kini dan masa depan” diisi Achmad Zaky yang merupakan Partner of INIT-6 & Founder Bukalapak sebagai Keynote Speaker.

Selain itu, ada pula Wawan Dhewanto ST,M.Sc.,Ph.D. (SBM ITB), Meydam Gusniar (Head of Business Development Waste4Change) dan Arizky Iriawansyah (Micro Banking Cluster Manager).

Baca Juga: Ma'ruf Amin: Tak Cuma Saat Pandemi, PHBS Harus Jadi Budaya dan Gaya Hidup Baru

Sedangkan sesi kedua mengusung tema “Strategi menjadi creativepreneur 4.0 di Era Pandemi” yang akan dipandu oleh Adrian Ariatin sebagai moderator dan tiga pembicara. Para pembicara di sesi kedua adalah Sofian (CEO Warung Pintar), Sharlin (CEO Nusantics) dan Anggriawan (CTO Suitmedia).

Acara ini diikuti lebih dari 75 peserta kelompok PMW X TOP ITB 2020. Kategori bisnis peserta Virtual Entrepreneurship Festival PMW X TOP 2020 terdiri atas, delapan kelompok kategori teknologi lingkungan dan IOT, delapan kelompok untuk kategori teknologi kesehatan kecantikan, 13 kelompok untuk kategori jasa dan sosial, 13 kelompok untuk kategori ICT, 17 kelompok untuk kategori boga dan 16 kelompok untuk kategori fashion dan kreatif.

Direktur ITB Career Center, Sonny Rustiadi, PhD. mengatakan, kolaborasi PMW X TOP 2020 dilakukan untuk mendukung ITB menjadi Entrepreneurial University.

Baca Juga: Diserbu Ribuan Warga, Ratusan Perhiasan Emas Berserakan Misterius di Sepanjang Pantai Guaca

Entrepreneurial University dapat terwujud dengan membangun ekosistem inovasi dan entrepreneurship di kalangan mahasiswa.

“Banyak inovasi yang diciptakan oleh mahasiswa yang memiliki nilai komersial tinggi. Maka perlu suatu dukungan berupa pendampingan, pembinaan, pelatihan dan bantuan pendanaan melalui program PMW X TOP ITB 2020,” ujar Sonny, di Bandung.

PMW adalah program ITB Career Center yang memberikan pendanaan bagi mahasiswa wirausaha yang memiliki start up dan Scale Up.  Kategori start up merupakan kelompok mahasiswa yang baru membangun bisnisnya, sehingga belum pernah mendapatkan pendanaan atau mengikuti program kewirausahaan sebelumnya.

Sedangkan scale up adalah kelompok mahasiswa wirausaha yang melanjutkan pendanaan PMW ataupun program TOP sebelumnya.

Sejalan dengan PMW, LPIK ITB memiliki program serupa yaitu TOP. TOP merupakan program LPIK ITB yang berisi pembekalan dan pembinaan bisnis kepada para peserta yang memiliki ide-ide yang ingin dikomersialisasikan.

Dalam acara ini, terdapat 20 finalis besar PMW x TOP 2020 yang didominasi produk dan jasa inovatif untuk mendukung masa depan yang ramah lingkungan.

Salah satunya, Wise Waste, enviro start-up manajemen persampahan. Pelayanan yang ditawarkan yakni jasa pengelolaan sampah mulai dari konsultasi manajemen persampahan, pelatihan, hingga pengadaan fasilitas operasional sampah. Progress usaha wisewaste saat ini sudah menjadi mitra 10 badan usaha dalam pengelolaan sampah.

Ada pula aplikasi dan penerapan NYAMPIH yang dapat menghubungkan pengangkut sampah dan pelanggan dengan sistem penjemputan fleksibel.

Pelanggan bebas menggunakan layanan meski sebelum memesan harus mengkategorikan sampahnya terlebih dahulu seperti botol plastik, kertas atau karton, dan sisa makanan. NYAMPIH sudah tersedia di Soreang Kabupaten Bandung, Sumedang, dengan total 50 pelanggan.

Selain itu, ada VIsitInd, platform yang memadukan IoT untuk melakukan integrasi data pariwisata, Smart Recognition, dan marketplace untuk monitoring covid-19 dan rekayasa pergerakan wisatawan.

Ide besarnya, membangkitkan kembali sektor pariwisata Indonesia dengan mengedepankan aspek kesehatan dan keselamatan sebagai value utama yang ditawarkan pada customer.

Kegiatan PMW X TOP 2020 dilaksanakan sepanjang tahun 2020, dimulai pada tahap pendaftaran pada Juli 2020, acara pembinaan, talkshow, hingga acara puncak berupa pameran kewirausahaan pada Desember 2020.

“Diharapkan kegiatan ini dapat mendorong mahasiswa untuk menghasilkan produk-produk inovatif yang dapat memiliki nilai komersial, daya saing tinggi, dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Sonny.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x