Warga Kelurahan Mengger Kota Bandung Komitmen Wujudkan Bersih Narkoba

- 22 Desember 2020, 13:11 WIB
Tim Terpadu P4GN Kota Bandung membangun sistem lingkungan RT/RW siaga Bersinar (Bersih Narkoba) di Kelurahan Mengger, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.
Tim Terpadu P4GN Kota Bandung membangun sistem lingkungan RT/RW siaga Bersinar (Bersih Narkoba) di Kelurahan Mengger, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat. /BNN Kota Bandung


GALAMEDIA -  Tim Terpadu P4GN Kota Bandung membangun sistem lingkungan RT/RW siaga Bersinar (Bersih Narkoba) di Kelurahan Mengger, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

Kegiatan ini  berlangsung di Posko Relawan RT 05/RW 02, Kompleks Perumahan Alam Sutera, Jalan Sukaati, Kota Bandung, Selasa 22 Desember 2020.

Acara ini juga dihadiri Kepala BNN Kota Bandung, AKBP Deni Yus Danial, Kepala Kesbangpol Kota Bandung, Drs. Bambang Sukardi, Camat Bandung Kidul, Evi Hendarin Kapolsekta Bandung Kidul, Kompol. Dodi Arahmansyah, dan Lurah Mengger, Saripudin serta beberapa relawan.

Baca Juga: Menteri PPPA: Perempuan Masih Terjajah Berbagai Persepsi dan Kontroksi Sosil yang Merugikan

Kepala Kesbangpol Kota Bandung, Bambang Sukardi mengapresiasi kegiatan yang membangun sistem lingkungan RT/RW siaga Bersinar (Bersih Narkoba) di wilayah RW 02 Kelurahan Mengger tersebut.

Ia  berharap, program kelurahan Bersinar yang dilaksanakan sampai pada tingkat RT/RW ini menjadi suatu contoh keteladanan buat  RW yang lainnya.

Karena, dampak dari narkoba sangat luar biasa, maka untuk penanganannya pun perlu melibatkan semua unsur, tidak hanya RW tetapi juga para RT.  

Dari 151 kelurahan, 1.584 RW dan 9.873 RT harus bersatu padu dalam upaya pencegahan penyalahgunaan  narkoba melalui program P4GN.

Baca Juga: Syekh Ali Jaber Bercerita Amalan yang Dicontohkan Rasulullah Meski Sakaratul Maut Menjemput

Pada akhir kegiatan dilakukan deteksi dini melalui tes urine kepada para relawan dan para warga sekitar RW 02 sebagai bentuk komitmen bersama para warga RW 02.

Adapun bentuk komitmen warga RW 02 dalam membangun ketahanan keluarga anti narkoba tersebut ditunjukkan melalui hasil tes urine yang menunjukkan negatif narkotika.

Warga juga memasang stiker di rumah yang berisikan komitmen untuk mengdukung terwujudnya keluarga yang bersih narkoba

Sementara itu, Kepala BNN Kota Bandung, AKBP. Deni Yus Danial menuturkan, dalam hal penanggulangan masalah darurat narkoba negara sudah memiliki suatu strategi, yaitu P4GN.

Baca Juga: Dermawannya Ade Yasin, Bagikan Uang Rp15 Miliar pada 2.64 Pelaku UMKM di Wilayahnya 

P4GN didesain bukan menjadi tugas dan tanggung jawab BNN dan Polri semata, akan tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama, dan penanggulangannya pun harus dilakukan oleh seluruh komponen bangsa dan negara.

Menurut Deni, seperti yang tertuang dalam UU No. 35 Tahun 2009, BNN bertugas mencegah, melindungi dan menyelamatkan bangsa Indonesia dari penyalahgunaan narkotika.

BNN adalah sebagai leading sektor dalam hal menggerakkan dan menyatukan seluruh komponen bangsa dan negara untuk bersama sama melaksanakan P4GN dalam melawan narkoba dengan strategi pencegahan dan pemberantasan.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x