Menkes : Insya Allah, Presiden Jokowi jadi Orang Pertama Disuntik Vaksin pada Rabu Lusa

- 11 Januari 2021, 14:04 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin mendapatkan tantangan dari Presiden Jokowi terkait jangka waktu program pelaksanaan vaksinasi Covid-19.
Menkes Budi Gunadi Sadikin mendapatkan tantangan dari Presiden Jokowi terkait jangka waktu program pelaksanaan vaksinasi Covid-19. / Twitter/@KemenkesRI/Twitter/@KemenkesRI

GALAMEDIA - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin memastikan Presiden Joko Widodo akan disuntik vaksin COVID-19 pada Rabu lusa, 13 Januari 2021 mendatang. Presiden Jokowi akan menjadi orang yang pertama mengikuti program vaksinasi tersebut.

"Insya Allah bapak/ibu, kita akan mulai (vaksinasi) di hari Rabu dan akan dimulai dengan Bapak Presiden," kata Budi saat menyampaikan keterangan pers, Senin, 11 Januari 2021.

Budi juga menyebut kabar baik lainnya adalah mengenai kehalalan vaksin. Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah menyampaikan secara resmi bahwa vaksin yang pertama kali datang ke Tanah Air yakni Sinovac, halal dan suci.

Baca Juga: Vaksinasi Mulai Pekan Ini, Gubernur : Vaksinator dan Relawan Ditambah Empat Kali Lipat

"Insya Allah berita baik dari BPOM juga akan segera menyusul. Karena pemerintah tidak akan mendahului persetujuan dari BPOM. Kita tidak akan melakukan vaksinasi sebelum memang persetujuan itu keluar," kata dia.

Sebelumnya juga diberitakan, Presiden Jokowi sudah menyebut kalau izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) atas vaksin COVID-19 akan dikeluarkan BPOM pada pekan ini. Jokowi tetap meminta masyarakat mengikuti protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Jokowi mengatakan, saat ini sudah ada tiga juta dosis vaksin siap pakai, dan akan terus berlanjut pada bulan-bulan berikutnya. Jumlah dosis vaksin yang akan dimiliki Indonesia juga akan semakin meningkat.

Baca Juga: Rheni, Zin Asal Cimahi yang Bisa Bentuk Bodi Wanita Lebih Aduhai

Rencananya, akan ada pengiriman vaksin dari sejumlah negara, seperti Sinovac, Novavax, AstraZeneca, BioNTech-Pfizer, hingga COVAX/GAVI setiap bulannya hingga akhir tahun.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x