Ini Manfaat Teh Delima untuk Kesehatan, di Antaranya Anti Kanker

- 27 Januari 2021, 15:35 WIB
Buah delima dapat diolah menjadi teh delima yang kaya khasiat untuk kesehatan.
Buah delima dapat diolah menjadi teh delima yang kaya khasiat untuk kesehatan. /Pixabay/

GALAMEDIA - Teh delima adalah salah satu teh paling terkenal di dunia dan banyak manfaat bagi kesehatan. Teh merah yang luar biasa ini, diseduh baik dari biji delima yang dihancurkan, kulitnya, bunga kering atau jus pekat yang dicampur dengan teh hijau, putih atau teh herbal apa pun.

Teh Delima Delima adalah salah satu buah kuno dengan banyak aktivitas fisiologis yang menjanjikan seperti antioksidan, anti-inflamasi dan antimikroba.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa buah delima memiliki aktivitas antioksidan tiga kali lebih banyak dibandingkan anggur merah dan teh hijau.

Baca Juga: Tim Verifikasi BPNT Kabupaten Tasikmalaya Tindak Tegas Oknum BPNT yang Bermain

Porsi buah yang bisa dimakan hanya 50 persen, mengandung 40 persen arils (polong berbiji yang menutupi biji) dan 10 persen biji. 50 persen sisanya adalah kulit yang tidak bisa dimakan.

Kulit buah adalah bagian yang paling bergizi karena mengandung banyak polifenol seperti flavonoid (katekin dan antosianin), tanin kental, asam fenolik (asam galat dan caffeic), tanin terhidrolisis (punicalagin) dan alkaloid dan lignan.

Arils mengandung flavonoid utama yang disebut antosianin bersama dengan asam organik, pektin dan air.

Baca Juga: Kapolri Listyo Sigit Prabowo Janjikan Jajarannya Semakin Tegas, Tapi...

Bijinya mengandung protein, polifenol, mineral, vitamin, isoflavon dan dua asam lemak tak jenuh ganda penting yang disebut asam linolenat dan linoleat bersama dengan lemak penting lainnya seperti asam oleat dan asam punicic.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x