Pengawalan Penyaluran Vaksin Covid-19 Diperkuat, BPOM Bakal Aktif Mengawasi

- 30 Januari 2021, 17:18 WIB
Pendistribusian vaksin di Majalengka.
Pendistribusian vaksin di Majalengka. /Noveldy Haidar/

GALAMEDIA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar akan memperkuat koordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait penyaluran vaksin Covid-19.

"Kemarin saya sudah koordinasi dengan Kemenkes dan BPOM bahwa ketika akan distribusi (vaksin) mohon diinformasikan kepada kami karena baik Jabar maupun kabupaten/kota harus menyiapkan gudang-gudangnya. Dan gudang-gudang itu harus siap untuk berapa banyak vaksin yang dikirim," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Setiawan Wangsaatmaja di Kota Bandung, Sabtu, 30 Januari 2021

Baca Juga: Kunjungi Rabithah Alawiyah, Kapolri di Hadapan Habib Zen Umar Smith: Ulama dan Umara Harus Bersinergi

Selain kesiapan gudang, kata Setiawan, sarana penyimpanan vaksin Covid-19 pun harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, mulai dari lemari es sampai pengangkut vaksin.

Menurut Setiawan, hal tersebut penting untuk disiapkan agar kualitas vaksin Covid-19 yang akan disalurkan ke tempat pelayanan vaksinasi Covid-19 terjaga.

"Kami pun memastikan sarana-sarana yang harus dimiliki, rantai dingin harus berjalan, karena itu terkait dengan temperatur untuk menjaga vaksin," ujarnya dikutip dari Antara.

Setiawan melaporkan sejauh ini tidak ada kendala berarti dalam penyimpanan dan penyaluran vaksin Covid-19 di Jabar.

Baca Juga: Aturan Pajak Pulsa Diperjelas Anak Buah Sri Mulyani: Untungkan Publik, Mestinya Disambut Baik

Kepala BPOM Penny K Lukito pun sudah meninjau langsung kesiapan penyaluran vaksin Covid-19 di Gudang Vaksin Jabar yang terletak di Kota Bandung.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x