Pemprov Jabar Gelontorkan Rp35,35 Miliar Untuk Perbaiki Rutilahu di Sumedang

- 14 Februari 2021, 15:29 WIB
Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir, memberika  arahahan bagi kepala desa penerima program Rutilahu, di ruang Tampomas Gedung IPP, Sumedang.
Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir, memberika  arahahan bagi kepala desa penerima program Rutilahu, di ruang Tampomas Gedung IPP, Sumedang. /Ade Hadeli/galamedia

GALAMEDIA - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelontorkan anggaran sebesar Rp35,35 miliar untuk memperbaiki 2020 unit rumah tidak layak huni (Rutilahu) di Kabupaten Sumedang.

Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir, menyambut gembira kebijakan anggaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu.

"Alhamdulillah anggarann Rutilahu tahun ini mencapai ribuan, dari yang sebelumnya hanya ratusan unit saja. Tentunya kami sangat bergembira dan bersyukur. Sebab dengan meningkatnya pemenuhan rumah layak huni, bisa menjadi salah indikator meningkatnya kesejahteraan masyarakat," kata Dony, Minggu 14 Februari 2021.

Baca Juga: Libur Imlek, Wisatawan Luar Jabar yang Datang ke Pangandaran Tidak Bawa Rapid Antigen Diputarbalikan

Menurutnya sararan rutilahu sebanyak 2020 unit itu tersebar di 56 desa. Dengan besaran alokasi anggaran masing-masing Rp17,5 juta/ unit.

Dalam teknisnya pelaksanaan Rutilahu itu dilaksanakan oleh LPM (Lembaga Pemberdayaan Desa) serta diawasi oleh Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL).

"Bantuan anggaran Rutilahu ini sifatnya stimulan. Artinya harus ada partisipasi masyarakat, dalam pelaksanaanya. Yakni baik itu dalam bentuk tenaga maupun materi," ujarnya.

Baca Juga: Spesial Valentine : Resep Rainbow Cake Untuk Mengisi Hari Valentine Mu

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Sumedang, juga mendapat kucurang anggaran dari DAK untuk program Rutilahu, sebesar Rp910 juta, untuk mendanai 52 unit rumah, dan dari APBD Kab.Sumedang Rp2,5 miliar yang dialokasikan untuk memperbaiki 147 rumah di 27 Desa.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x