Syok ASI Mendadak Hijau Neon, Ibu Muda Ini ternyata Positif Covid

- 16 Februari 2021, 14:16 WIB
lustrasi ibu menyusui.
lustrasi ibu menyusui. /Pixabay/StockSnap/

GALAMEDIA - Seorang ibu menyusui kaget saat ASI-nya berubah warna menjadi hijau neon dan terlihat berkilauan. Ternyata semua dipicu hasil tes Covid-19 dirinya yang positif.

Ibu muda bernama Anna Cortez (23) dari Monterrey, Meksiko itu diketahui terinfeksi virus corona saat menyadari air susu untuk putrinya yang telah dipompa perlahan menghijau.

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Selasa (16 Februari 2021) beruntung kondisi Anna secara bertahap membaik dan ASI-nya kembali ke warna normal tak lama setelah dinyatakan negatif.

Baca Juga: Sinopsis Film Escape Plan 2: Hades, Tayang di Trans TV Malam Ini

Menurut dokter anak, yang juga konsultan laktasi, perubahan warna tersebut sangat mungkin disebabkan oleh antibodi alami tubuh yang melawan Covid untuk melindungi putrinya Mikayla, yang saat itu berusia empat bulan.

Para bidan mengatakan warna ASI bisa sedikit berubah karena diet yang kaya sayuran hijau atau obat-obatan.

Anna sendiri yang bekerja sebagai guru bahasa Inggris yang mempelajari psikologi, yakin susunya masih aman meskipun warnanya hijau neon.

Baca Juga: Azis Syamsuddin Sebut DPR RI Sambut Baik Rencana Revisi UU ITE

Kepada Mirror, Anna mengaku  makan banyak sayuran tetapi sebelum tubuhnya  melawan Covid, air susunya selalu berwarna putih.

“Dokter anakku yang juga konsultan laktasi mengatakan perubahan warna ASI biasa terjadi ketika ibu sakit karena flu atau virus perut, susu ibu akan berubah dan beradaptasi dengan antibodi.”

Perubahan warna kian mencolok saat  virus sangat kuat. Selain Anna, putrinya Mikayla dan anggota keluarga lainnya terjangkit Covid bulan lalu.

Baca Juga: Ucapan Salam: Assalamualaikum dan Waalaikumsalam Beserta Arab, Latin dan Artinya

Anna kehilangan indera perasa dan penciuman serta mengalami gejala seperti pilek, sementara putrinya batuk dan demam, tetapi pulih setelah beberapa hari.

Empat hari sebelum mulai mengalami gejala Covid, ASI Anna masih putih.

Namun berikutnya saat memompa ASI dia merasa dehidrasi dan ternyata terinfeksi.

Anna tidak menyadari warna ASI-nya berubah hingga ketika dia mengeluarkannya dari freezer. “warnanya hijau berkilau seperti neon,'' katanya kepada Mirror.

Baca Juga: Jinyoung B1A4 dalam Pembicaraan Bintangi Drama Rom-Com Terbaru Bersama Cha Tae Hyun

Diposting di media sosial, Anna mendapat komentar yang membuatnya sadar dirinya tak sendiri.

Postingan susu hijaunya viral setelah ikut diposting Milky Mama, produsen biskuit, brownies, dan olahan lain yang membantu produksi susu.

Sejumlah ibu yang melihat postingannya mengaku mengalami hal serupa tanpa tahu mengapa.

“Aku sempat sakit tapi tes Covid-ku negatif meski memiliki semua gejalanya. Tapi ASI-ku bercahaya mirip hijau neon. Sepertinya aku positif .” Demikian di antara komentar yang muncul

Baca Juga: Uang Palsu Digunakan untuk Bayar PSK, Pria Asal Kabupaten Bandung Harus Berurusan dengan Polisi

Anna menambahkan dirinya disarankan untuk terus menyusui bahkan setelah dinyatakan positif Covid karena ASI tetap pilihan terbaik bagi putrinya untuk melawan virus.

Bukti saat ini menunjukkan menyusui aman bagi yang terinfeksi Covid.

Dr. Natalie Shenker, peneliti ASI di Imperial College London dan salah satu pendiri Human Milk Foundation mengatakan wanita yang terinfeksi Covid menghasilkan antibodi Covid dan antibodi tersebut masuk ke dalam ASI.

Natalie menambahkan virus sebenarnya tidak masuk ke dalam susu.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x