Politisi PDIP Ungkap Beda Gibran dengan Puan Maharani: Nyata Instant Fast Growing

- 27 Maret 2021, 15:53 WIB
Gibran Rakabuming Raka.
Gibran Rakabuming Raka. /Antara Foto/Mohammad Ayudha/


GALAMEDIA - Ketua DPP PDIP Effendi Simbolon mengakui Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka merupakan kader partainya yang cenderung instan masuk dunia politik hingga bisa menjadi kepala daerah.

Gibran merupakan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terbilang baru menjadi kader PDIP. Meski begitu, ia diusung PDIP untuk maju pada Pilkada Solo 2020.

Gibran mun menang dalam perhelatan tersebut. Kini ia menjabat sebagai Wali Kota Solo, yang sebelumnya pernah diduduki ayahandanya, Jokowi.

"Dia (Gibran) nyata instan fast growing," kata Effendy dalam diskusi virtual yang disiarkan pula melalui YouTube, Sabtu, 27 Maret 2021.

Baca Juga: Sindir Kubu KLB Deli Serdang, PDIP Nyatakan Tak Ada Money Politics dan Impor Pemain Dalam Suksesi Kepemimpinan

Disebutkan, Gibran tidak melewati step-step yang harusnya dilalui sebelum mencalonkan diri menjadi kepala daerah.

Namun pemimpin, lanjut dia, harus melewati berbagai macam perjalanan politik hingga siap jadi pemimpin.

"Pemimpin ini kan harus melalui biji, enggak boleh ada pohon langsung ditanam, dari 514 pemimpin kabupaten/kota ini juga rata-rata di bawah kualitas," ucapnya.

Namun ia mengatakan masuknya Gibran ke dunia politik tidak lepas dari semangat masyarakat yang mengidolakannya.

Baca Juga: Program Sertifikasi Dai, Ali Mochtar Ngabalin: Tidak Ada Orientasi Apapun Kecuali untuk Kemaslahatan Publik

Dengan begitu, jalan politik Gibran bisa mulus hingga menduduki kursi Wali Kota Solo.

"Tapi kan di Indonesia, sebagian orang mengamini itu (Gibran), antara lucu dan tidak lucu itu sering terjadi di negara kita, dan akhirnya dia diidolakan," ungkapnya.

Berbeda halnya dengan Puan Maharani. Effendy mengamini bahwa Puan merupakan putri dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Namun, Puan sudah lama meniti karir di politik.

"Mbak Puan itu sudah sangat lama, dari zaman kuliah, tidak ujug-ujug masuk dunia politik praktis, akan berbeda dengan Gibran," ujarnya.

Baca Juga: Catat! Malam Ini Ada Aksi Earth Hour, Begini Manfaatnya Bagi Bumi Kita

Gibran Rakabuming Raka adalah Wali Kota Solo terpilih pada Pilkada Serentak 2020. Ia mengalahkan lawannya Bagyo Wahyono-FX Supardjo yang maju melalui jalur independen.

Gibran kini menjabat sebagai pimpinan Pemerintah Kota Solo didampingi Wakil Wali Kota Teguh Prakosa yang juga kader PDIP.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x