Konflik Israel - Palestina Memanas, Puan Maharani: Kami Mengecam Serangan Israel

- 16 Mei 2021, 16:34 WIB
Puan Maharani, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) memberikan tanggapan terkait sekolah tatap muka.
Puan Maharani, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) memberikan tanggapan terkait sekolah tatap muka. /Antara/HO-DPR RI

GALAMEDIA - Konflik yang terjadi antara Israel dan Palestina hingga saat ini belum terlihat akan segera usai.

Terkait hal tersebut, Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani mengecam keras serangan Israel pada warga sipil Palestina di Jalur Gaza.

Akibat serangan tersebut ratusan orang meninggal dan ratusan lainnya luka-luka.  

Baca Juga: Konflik Israel-Palestina Memanas, Rocky Gerung: Jokowi Sudah Tidak Dianggap oleh Komunitas Internasional

“Kami mengecam serangan yang dilakukan saat warga Palestina melakukan ibadah bulan suci Ramadan dan juga saat perayaan Hari Raya Idulfitri, sehingga mengganggu rangkaian ibadah umat muslim Palestina," kata papar seperti dikutip Galamedia dari laman DPR RI.

Diketahui, serangan Israel dimulai dengan pengusiran warga Palestina dari Sheik Jarrah.

Berikutnya serangan atas warga Palestina di kompleks Masjid Al Aqsa dan warga sipil di jalur Gaza serta tindak kekerasan di Tepi Barat.

Baca Juga: Singgung Yerusalem Timur, Rusia Layangkan Ancaman Keras Jika Israel Terus Usik Palestina

Puan Maharani juga mengajak semua pihak menyerukan penghentikan serangan Israel pada Palestina di tengah pandemi Covid-19.

"Hentikan serangan Israel pada Palestina dan kita serukan bantuan kepada rakyat Palestina, termasuk prioritas bantuan vaksin Covid-19 dan berbagai alat kesehatan," ungkapnya.

Ketua DPR RI tersebut menyampaikan tragedi kemanusiaan ini harus menjadi momentum untuk memulai kembali proses perdamaian yang komprehensif dan inklusif.

Baca Juga: Laksanakan Instruksi Gubernur Jabar, Semua Objek Wisata di Kabupaten Pangandaran Ditutup

Selain itu semua harus sesuai hukum internasional, resolusi PBB, dan parameter serta konsensus internasional.

Puan juga menilai tindak kekerasan Israel memicu instabilitas di Timur Tengah.  

"Sangat disayangkan, di saat dunia memerlukan perdamaian dan  bersatu untuk berperang melawan virus Covid-19, warga Palestina harus berjuang melawan aneksasi Israel," ungkap mantan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) tersebut.

Baca Juga: Pasca Tenggelamnya Perahu di Tempat Wisata, Ganjar Pranowo: Tutup Saja

Puan mendorong pemerintah Indonesia terus melanjutkan peran aktifnya dalam menghentikan serangan Israel dan memberi bantuan kemanusiaan pada rakyat Palestina.

"Mendesak masyarakat internasional dan PBB untuk meredakan ketegangan dan membantu warga Palestina yang menjadi korban di wilayah pendudukan Palestina," pungkas legislator dapil Jawa Tengah V itu.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x