Kang Emil : Pembangunan Kujang Sepasang Bakal Jadi Landmark Lahirnya Jatigede Sebagai Kawasan Pariwisata

- 23 Mei 2021, 16:05 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ketiga kiri) meninjau titik lokasi rencana pembangunan menara Kujang Sapasang di Panenjoan Desa Jemah Kec. Jatigede Kab. Sumedang, Minggu 23 Mei 2021.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ketiga kiri) meninjau titik lokasi rencana pembangunan menara Kujang Sapasang di Panenjoan Desa Jemah Kec. Jatigede Kab. Sumedang, Minggu 23 Mei 2021. /Ade Hadeli/Galamedia//

GALAMEDIA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pembangunan Kujang Sapasang bakal menjadi landmark Kabupaten Sumedang, yang menandai lahirnya Jatigede sebagai kawasan pariwisata di Kabupaten Sumedang dan Jawa Barat.

Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Kang Emil ini pada saat meninjau titik lokasi rencana pembangunan menara Kujang Sapasang di Panenjoan Desa Jemah Kec. Jatigede Kab. Sumedang, Minggu 23 Mei 2021.

Selama ini sebut dia, Jatigede hanya dikenal sebagai kawasan untuk kegiatan pengelolaan air. Tetapi dengan keindahan yang luar biasa berupa miniatur pulau, sawah dan pemukiman membuat warga tertarik untuk datang ke Jatigede.

Oleh karena itu, pihaknya memfasilitasi dengan membangun masjid sebagai tempat salat dan istirahat. Kemudian jembatan menghubungkan dua bukit, yanf diujungnya itu nanti berdiri Kujang Sepasang yang utama, dan sepasang lagi dalam skala kecil.

Baca Juga: Pascalibur Lebaran, Masyarakat Diminta untuk Tetap Jaga Protokol Kesehatan agar Tak Hambat Pemulihan Ekonomi

Kujang Sapasang itu nanti menjadi spot menarik berupa 'view' dari atas menara, seperti Menara Liberty di New York. "Saat ini Pemprov sudah menyiapkan anggaran kurang lebih sebesar Rp 100 miliar yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat," ungkapnya.

Di kawasan Jatigede terdapat beberapa spot yang sangat menarik. Sehingga disayangkan jika kawasan Jatigede yang begitu luas dan memiliki keindahan alam tidak bisa memberi nilai tambah bagi warga di sekitar Jatigede.

Untuk itu dia menitipkan pesan kepada Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir, untuk memberdayakan masyarakat lokal yang berada di sekitar Bendungan Jatigede, sehingga taraf perekonomian dan kesejahteraannya meningkat.

Baca Juga: Transaksi Nontunai Dapat Cegah Penyebaran Covid-19, Lewat BRIMo lebih Mudah dan Cepat

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x