Remaja Perempuan Harus Terus Diedukasi Soal Menarke

- 27 Mei 2021, 17:09 WIB
Edukasi manajemen kebersihan menstruasi yang digelar secara daring dengan tema "WiSTEM2D Talk: Let’s Start the Conversation About Menstruation!". /istimewa
Edukasi manajemen kebersihan menstruasi yang digelar secara daring dengan tema "WiSTEM2D Talk: Let’s Start the Conversation About Menstruation!". /istimewa /

GALAMEDIA - Pemahaman remaja perempuan terkait menstruasi pertama (manarke) harus ditingkatkan. Saat ini, baru 63 persen remaja perempuan yang memahami apa yang terjadi ketika menarke dan hanya 55 persen yang merasa siap.

Berdasarkan Sensus Penduduk 2020, kaum perempuan Indonesia yang berada di kelompok usia 10-14 tahun, di mana mayoritas remaja perempuan mengalami menstruasi pertama (menarke) sekitar 11,5 juta.

Tak hanya itu, kesadaran mereka akan perilaku hidup bersih dan sehat saat menstruasi juga masih relatif rendah.

Tercatat, ada 1 dari 2 remaja perempuan yang tidak mengganti pembalut mereka setiap 4-8 jam serta tidak mencuci tangan mereka dengan sabun sebelum dan sesudah menggantinya.

Baca Juga: Divonis Denda Rp 20 Juta, Begini Reaksi Habib Rizieq Shihab di Persidangan

Melihat kondisi ini, PT Johnson & Johnson Indonesia (Johnson & Johnson Indonesia) bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) memberikan edukasi manajemen kebersihan
menstruasi kepada 200 remaja perempuan, 10 orang tua, dan 20 guru dari Jakarta dan Bandung secara daring dengan tema "WiSTEM2D Talk: Let’s Start the Conversation About Menstruation!".

Edukasi ini juga digelar untuk memperingati Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia (World’s Menstrual Hygiene Day) setiap tanggal 28 Mei.

Country Leader of Communications and Public Affairs, PT Johnson & Johnson Indonesia, Devy Yheanne mengungkapkan, WiSTEM2D Talk dihadirkan untuk menyediakan wawasan berbasis sains yang dapat menjawab berbagai keraguan remaja perempuan seputar manajemen kebersihan menstruasi.

Diharapkan, 200 remaja perempuan yang mengikuti kegiatan tersebut dapat menjadi duta kebersihan menstruasi dengan membagikan pengetahuan yang telah diperoleh kepada kaum perempuan lainnya di lingkungan terdekat mereka.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x