PJJ Tidak akan Hilang, Tapi Dikolaborasikan

- 6 Juni 2021, 17:16 WIB
Ilustrasi PJJ.
Ilustrasi PJJ. /Pixabay

GALAMEDIA - Dampak dari pandemi Covid-19, Lebih dari setahun ini, siswa bersekolah dengan metoda pembelajaran jarak jauh (PJJ). Namun, kini siswa juga mulai bersiap untuk menghadapi pembelajaran tatap muka (PTM) kembali.

Rencananya, PTM ini akan digelar Juli mendatang.

Pemerhati pendidikan Saufi Sauniawati mengatakan, rasa bosan bisa menghinggapi siswa saat PJJ. Pasalnya, jarang ada variasi dalam pembelajaran dan hal itulah yang mendorong siswa cenderung bosan. Ia pun mengakui, terdapat sejumlah masalah dalam PJJ ini, salah satunya tidak semua siswa memiliki ponsel pintar.

"Kalau pun ponselnya ada, paketnya enggak ada, sinyalnya lemah. Selain itu, orangtua pun harus secara intensif ikut belajar dan mengajarkan pada anak. Tak hanya perkara handphone, tapi juga kurikulum juga dinilai belum cukup menunjang model PJJ," ujar Saufi dalam webinar "Refleksi Pendidikan Indonesia diantara PJK dan PTM" yang diadakan Faber-Castell pada Sabtu, 5 Juni 2021. 

Dikatakannya, masalah PJJ ini terjadi pada tiga elemen yakni, siswa, orangtua dan guru. Kendala yang dihadapi siswa adalah lemahnya motivasi belajar, pemberian tugas dirasakan berat karena berbeda antara tujuan pengajar dan orang tua, kemampuan anak menggunakan perangkat pembelajaran minim, distorsi dengan permainan online ketika belajar menggunakan gadget.

"Paradigma tidak pergi sekolah adalah libur masih tertanam pada siswa dan kurangnya sosialisasi sehingga membuat pembelajaran terasa berar, serta monotonnya pemberian tugas," ungkapnya.

Baca Juga: Tumben, Faisal Basri Sepakat dengan Menko Polhukam Mahfud MD!

Sementata dari sisi orang tua, ungkapnya, terkendala dalam penyiapan fasilitas, belum mengetahui secara rinci platform dan troubleshooting, kendala perilaku anak, perbedaan pola target pembelajaran antara guru dan orang tua, belum dapat menjadi motivator beratnya menerapkan disiplin pada anak, dan waktu yang terbatas.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x