Tim Kesehatan Disnak Ciamis Periksa Hewan Untun Kurban Ke Setiap Bandar Sapi dan Domba

- 15 Juli 2021, 16:22 WIB
Kasi Kesmapet Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis saat memeriksa sapi hewan qurban disalah satu bandar sapi di Kecamatan Cijengjing.
Kasi Kesmapet Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis saat memeriksa sapi hewan qurban disalah satu bandar sapi di Kecamatan Cijengjing. /Pepi Irwan/Galamedia/

GALAMEDIA - Jelang Idul Adha Tim Kesehatan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis yang terbagi dalam lima tim, melakukan pemeriksaan terhadap bandar dan pedagang hewan kurban seperti sapi atau domba.

Pemeriksaan terhadap hewan kurban tersebut untuk memastikan apakah hewan tersebut layak untuk kurban atau tidak sesuai ajaran agama dan kesehatan.

Kasi Kesmapet Asri Kurnia didampingi Intan Kepala Uptd Peternakan Ciamis menjelaskan, kegiatan pemeriksaan ini sudah dilakukan dari  5 Juli 2021dengan dibagi 5 tim se-kabupaten Ciamis, ke tempat-tempat bandar atau para penjual hewan kurban.

Baca Juga: Singgung Soal Asal Covid dan TKA China Bebas Masuk, Rizal Ramli: Tuh Kelakuan Pejabat, Bisanya Nyalahin Rakyat

"Ya tim kami ada 40 orang dengan dibagi menjadi 5 tim, semua bergerak dimulai dari tanggal 5 Juli sampai dengan hari pelaksanaan kurban," katanya, Kamis, 15 Juli 2021.

Dikatakan, total keseleruhan semuanya sampai hari ini hampir sudah mencapai 2.300 hewan qurban yang sudah diperiksa kesehatanya, dan rata-rata sudah bisa untuk hewan kurban.

Baca Juga: Oknum Satpol PP Diduga Tampar Ibu Hamil Saat Razia PPKM, Fiersa Besari Geram Hingga Lontarkan Kata Kasar

"Intinya hewan yang siap kurban kita kasih cap, dan hewan yang belum layak untuk kurban yaitu belum cukup umur, dan perihal sapi betina boleh saja asal sapi betina tersebut sudah tidak produktif," jelasnya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x