Limbah Cair Domestik Diubah Jadi Air Bersih, Kepala UPTD Rusunawa: Ini Konsepnya Kita Namakan Rusun Ecogreen

- 22 Juli 2021, 17:58 WIB
Warga Rusunawa Leuwigajah menyiram tanamam  dengan menggunakan air hasil daur ulang limbah domestik menjadi air bersih.
Warga Rusunawa Leuwigajah menyiram tanamam dengan menggunakan air hasil daur ulang limbah domestik menjadi air bersih. /Laksmi Sri Sundari/Galamedia/

GALAMEDIA - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Rusunawa pada Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi berhasil mengubah limbah cair domestik menjadi air bersih.

Konsep tersebut dinamakan Rusun Ecogreen, dan sudah ada di Rusunawa Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan.

Air limbah domestik dari rumah tangga seperti bekas pakai mencuci hingga mandi, yang semula berwarna hitam pekat dan berbau, disulap menjadi jernih dan tak berbau.

Untuk mengubah limbah domestik tersebut, UPTD Rusunawa memanfaatkan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang sudah ada, namun tidak berfungsi.

"Ini konsepnya kita namakan Rusun Ecogreen. Jadi berwawasan lingkungan, dengan fokus utamanya mendaur ulang limbah domestik cair, hingga memiliki manfaat kembali," ujar Kepala UPTD Rusunawa, Firmansyah, Kamis, 22 Juli 2021.

Baca Juga: Pengembangan Games PES dan Winning Eleven, Konami Resmi Luncurkan eFootball

Munculnya gagasan untuk merubah air limbah rumah tangga seperti bekas mandi, mencuci, dan sebagainya berawal ketika hunian Rusunawa Leuwigajah yang tidakt memiliki pembuangan air limbah, sehingga airnya menggenang di drainase.

Pihak pengelola sempat berencana membuang limbah cair tersebut ke luar, namun ditolak warga sekitar lantaran airnya bau dan mencemari lingkungan. Lebih berbahayanya lagi, bisa menjadi sarang tumbuhnya nyamuk penyebar Demam Berdarah Dangue (DBD).

"Saya cari solusi, kalau nggak bisa keluar, kenapa nggak diolah saja," ujar Firmansyah.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x