Animo Warga Kota Cimahi Berkurban Masih Tinggi di Masa Pandemi Covid-19

- 21 Juli 2021, 18:45 WIB
Di Hari Raya Iduladha, Selasa (20/7), ACT Kota Cimahi menggelar aksi Berqurban Tanpa Batas dengan Tema “Distribusi Qurban Untuk Saudara Sesama”.
Di Hari Raya Iduladha, Selasa (20/7), ACT Kota Cimahi menggelar aksi Berqurban Tanpa Batas dengan Tema “Distribusi Qurban Untuk Saudara Sesama”. /laksmi Sri Sundari/Galamedia/

GALAMEDIA - Animo masyarakat Kota Cimahi dalam berkurban pada Iduladha tahun ini masih tinggi, meski kondisi ekonomi saat ini tengah terdampak pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Hal itu bisa terlihat dari data hewan kurban yang berhasil diperiksa petugas Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi. Data tahun ini tak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya.

Berdasarkan data Dispangtan Kota Cimahi, tahun ini sebanyak 2.038 ekor hewan kurban di lapak jualan yang diperiksa petugas. Sedangkan tahun 2020 ada sebanyak 2.090 ekor hewa kurban.

"Kalau kita lihat, antusias masyarakat di Kota Cimahi dalam berkurban masih cukup tinggi," kata Kepala Bidang (Kabid) Pertanian pada Dispangtan Kota Cimahi, Mita Mustikasari, Rabu, 21 Juli 2021.

Baca Juga: Pelamar CPNS dan PPPK di Kota Cimahi Membeludak, Dua Formasi Masih Sepi Peminat

Dari total hewan kurban yang diperiksa tahun ini, rinciannya ada 535 ekor sapi, sebanyak 1.492 ekor domba, dan 11 ekor kambing. Petugas pun menemukan 74 ekor sapi dan domba yang belum cukup umur, serta 32 ekor sapi yang sakit.

"Jadi total hewan kurban yang kita berikan label sehat ada 1.934 ekor. Ada 526 ekor sapi, 1.397 ekor domba, dan 11 ekor kambing," terang Mita.

Meski animo masyarakat masih terbilang tinggi dalam berkurban, namun ternyata tidak mencapai target. Awalnya Dispangtan Kota Cimahi menyiapkan 2.800 kalung sehat, untuk hewan kurban yang sudah diperiksa dan dinyatakan sehat.

Pemeriksaan hewan kurban sendiri sudah dimulai sejak Jumat (9 Juli) hingga 16 Juli 2021 di tempat-tempat penampungan atau penjualan hewan kurban yang ada di wilayah Kota Cimahi.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x