Ekonomi Terpukul Pandemi, PDI Perjuangan Jawa Barat Bangkitkan Dengan Perkuat Peran Koperasi

- 22 Juli 2021, 19:27 WIB
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki.
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki. /Tangkapan layar/

GALAMEDIA - Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan berupaya kembali membangkitkan ekonomi kerakyatan berbasis pedesaan, salah satunya dengan memperkuat koperasi.

Gagasan tersebut, mengemuka dalam Fokus Grup Discussion (FGD) yang digelar DPD PDI Perjuangan Jawa Barat secara daring bertajuk "Peran Koperasi Dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Pedesaan" yang digelar dalam rangka memeringati Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-74 tahun 2021, Kamis, 22 Juli 2021. 

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono mengatakan bahwa kegiatan ini selaras dengan arahan dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang menginstruksikan bahwa PDI Perjuangan akan mengawali pembangunan dari desa.

Menurutnya dalam pidato HUT PDI Perjuangan ke-48, Megawati menyerukan pada 3 pilar partai yakni struktural legislatif dan eksekutif agar sama-sama membangun desa dengan diawali pendataan secara presisi.

Baca Juga: Kisruh Ivermectin, Moeldoko Santai Blusukan Temui Warganya Anies Baswedan Sambil Bagi-bagi Masker

"Ibu Ketum menginstruksikan tiga pilar partai (eksekutif, legislatif, struktural partai) untuk bekerja keras membuat kebijakan yang baik untuk rakyat, terlebih untuk membangun desa. Tiga pilar partai diinstruksikan untuk untuk merumuskan politik legislasi, politik anggaran, politik pengawasan, untuk mewujudkan pembangunan pedesaan yang demokratis, terukur, terencana dan tepat sasaran," ungkap Anggota Komisi IV DPR RI tersebut.

Dikatakannya Presiden RI pertama, Bung Karno juga mengingatkan bahwa desa merupakan salah satu benteng pertahanan negara. Sehingga kebijakan dan program pembangunan haruslah menitik-beratkan pada pemberdayaan desa.

Oleh karena itu, dalam Rapat Kerja Cabang (Rakercab) dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PDI Perjuangan mengambil tema " Desa Kuat Indonesia Maju dan Berdaulat, Desa Tamansari Kemajuan Nusantara.

"Membangun Indonesia dari desa. Jika desa kuat, maka Indonesia mampu berdiri di atas kaki sendiri," ujarnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x