Bukan Tujuan Politis, Ternyata Ini Tujuan China Sebarkan Vaksin Produknya ke Luar Negeri

- 29 Juli 2021, 21:29 WIB
Juru bicara Kementrian Luar Negeri China,Zhao Lijian.
Juru bicara Kementrian Luar Negeri China,Zhao Lijian. /

 


GALAMEDIA - Pemerintah China menggencarkan ekspor produk dalam negeri vaksin Covid-19 ke sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Beijing menyatakan langkah itu dilakukan bukan karena untuk kepentingan politik melainkan untuk distribusikan vaksin yang 'adil dan masuk akal' di seluruh dunia.

Dilaporkan South China Morning Post (SCMP), juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian menyebutkan, vaksin Covid-19 bukanlah alat untuk kepentingan politik.

Disebutkan, China telah mengirim lebih dari 700 juta dosis vaksinnya ke luar negeri, terutama ke negara-negara berkembang.

"Kami telah membantu lebih dari 100 negara menyelamatkan nyawa dan memerangi pandemi tanpa syarat politik apa pun. Jika ini dianggap sebagai diplomasi vaksin, ini sangat populer dan menjadi kepentingan bersama masyarakat internasional," katanya dikutip dari SCMP, Kamis, 29 Juli 2021.

Baca Juga: Program Kumham Peduli Kumham Berbagi, Lapas Kelas IIB Garut Kembali Bagikan Paket Sembako

Kemudian, ia pun mengungkapkan, Presiden Xi Jinping memiliki komitmen untuk membantu pemulihan Covid-19 di beberapa negara berkembang dengan dana sebesar US$3 miliar atau setara Rp52 triliun.

Diklaimnya, ekspor vaksin Covid-19 buatan China jauh lebih tinggi di atas pengiriman negara-negara seperti negara Uni Eropa (UE) dan Amerika Serikat (AS).

"Ekspor vaksin China 227% lebih banyak dari ekspor vaksin Eropa, dan 84 kali lebih tinggi dari sumbangan AS," katanya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X