Peringatan Hari Anak Nasional 2021: Mari Lindungi Anak Dari Paparan BPA untuk Indonesia Maju

- 31 Juli 2021, 11:05 WIB
Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait bersama Anggota DPR RI dari Komisi IX Fraksi PKB, Arzeti Bilbina di acara Peringatan Hari Anak Nasional, yang digelar di Auditorium Komnas PA, Jalan TB Simatupang, Jakarta, Kamis, 29 Juli 2021./dok.istimewa
Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait bersama Anggota DPR RI dari Komisi IX Fraksi PKB, Arzeti Bilbina di acara Peringatan Hari Anak Nasional, yang digelar di Auditorium Komnas PA, Jalan TB Simatupang, Jakarta, Kamis, 29 Juli 2021./dok.istimewa /

GALAMEDIA - Tahun 2018 Kementerian Kesehatan RI mengeluarkan pedoman bimbingan teknis perizinan pembekalan kesehatan rumah tangga.

Salah satunya menetapkan botol untuk balita dan bayi yang harus ada sertifikat bebas dari zat Bisphenol A (BPA). Segala hal yang bersentuhan langsung dengan bayi dan balita harus diberi pelabelan.

"Tapi sayangnya di Indonesia pengaturan dan pengawasan mengenai BPA belum diatur secara ketat," ujar Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait.

Ia menyampaikan hal itu di acara Peringatan Hari Anak Nasional, yang digelar di Auditorium Komnas PA, Jalan TB Simatupang No 33, Pasar Rebo Jakarta Timur, Kamis, 29 Juli 2021.

Baca Juga: WHO: Kami Tidak Melihat Varian Delta Secara Khusus Menargetkan Anak-anak

Indonesia, kata Arist, tidak akan bisa menjadi bangsa yang kuat, bila sumber daya manusianya tidak sehat.

"Beri makanan yang baik dan sehat agar anak-anak kita tumbuh menjadi generasi yang sehat dan cerdas. Sebab merekalah kelak sebagai penerima tonggak estafet kepemimpinan bangsa," ujarnya.

Masih menyoal zat Bisphenol A (BPA), Arist mengingatkan bahwa, tahun 2021 Jepang merilis bahwa BPA menyebabkan risiko autisme. FDA Filipina juga mengeluarkan larangan BPA untuk botol balita dan bayi.

Sejumlah Negara di Asia termasuk Indonesia telah melarang penggunaan kemasan polikarbonat yang mengandung BPA yang secara langsung bersentuhan dengan wadah atau tempat yang dipergunakan untuk konsumen konsumsi bayi, balita dan janin.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x