Pemprov Jabar Kerahkan Mobil Maskara untuk Percepat Vaksinasi Covid-19 di Pelosok Desa

- 9 Agustus 2021, 22:55 WIB
Pemanfaatan mobil Maskara untuk vaksinasi ke pelosok desa, di kawasan Industri Suryacipta, Kabupaten Karawang, Senin, 9 Agustus 2021./Foto: Rizal/Biro Adpim Jabar
Pemanfaatan mobil Maskara untuk vaksinasi ke pelosok desa, di kawasan Industri Suryacipta, Kabupaten Karawang, Senin, 9 Agustus 2021./Foto: Rizal/Biro Adpim Jabar /

GALAMEDIA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta pemkab/pemkot memanfaatkan mobil maskara untuk mempercepat vaksinasi seperti program Vaksinasi Silih Tulungan yang diluncurkan di Kabupaten Karawang.

Berbagai strategi percepatan diperlukan untuk mencapai target valsinasi 37 juta dari total populasi 50 juta jiwa di Jabar pada akhir Desember 2021.

Maskara (Mobil Aspirasi Kampung Juara) adalah kendaraan roda empat bantuan gubernur yang sudah diberikan kepada desa-desa mandiri sebagai sarana pendukung operasional pemerintah desa pada 2019-2020.

"Sekarang Maskara dijadikan sebagai Moyan atau Mobil Layanan Vaksinasi Keliling Silih Tulungan," sebut pria yang akrab disapa Emil itu.

Dengan Maskara, petugas puskemas di desa selain bisa sosialisasi juga dapat melayani masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari puskesmas atau pusat kesehatan lain.

Jika hanya mengandalkan puskesmas pelayanannya tidak akan optimal menjangkau masyarakat di pelosok.

Baca Juga: Luhut Sebut Semua Sudah Lelah, Puji Presiden Jokowi Beri Arahan yang Tepat Atasi Pandemi

"Maskara ini akan dimanfaatkan untuk menjadi sarana pelayanan percepatan vaksinasi dengan keliling ke desa-desa," jelasnya.

"Selain bisa menjemput masyarakat yang hendak vaksinasi juga bisa menjadi distribusi vaksin," tambahnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x