Penyerapan Anggaran Rendah, Bupati Sumedang Tekan SKPD Untuk Eksekusi Program Strategis

- 10 Agustus 2021, 19:33 WIB
H.Dony Ahmad Munir.
H.Dony Ahmad Munir. /Ade Hadeli/Galamedia///

GALAMEDIA - Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir menekan semua SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) agar secepatnya mengekspresikan program strategis.

"Saya minta SKPD yang menangani program-program kegiatan strategis untuk secepatnya bisa dieksekusi. Saya ingin laporan hariannya langsung melalui whatsapp," kata Bupati pada Rapat Evaluasi Kinerja secara virtual, Selasa 10 Agustus 2021.

Hal itu ditekankan Bupati, dalam menyikapi masih rendahnya penyerapan anggaran (APBD/APBN) hingga memasuki pertengahan Triwulan III

Situasi itu menjadi salah satu tantangan. Dimana realisasi penyerapan anggaran perangkat daerah sampai bulan ke-7 masih minim yakni baru mencapai 35,65 persen.

Atau dari anggaran sebesar Rp 3,013 trilyun, baru terserap Rp. 1,073 trilyun. "Padahal saat ini kita sudah memasuki Triwulan III, penyerapan anggaran minimal harus sudah mencapai 50 persen," tandasnya.

Baca Juga: Segera Bebas dari Pandemi dengan Vaksinasi dan Prokes 5M

Setiap SKPD harus segera melakukan akselerasi penyerapan anggaran dan menyelesaikan kegiatan fisik, dengan fokus utama untuk membidik Indikator Kinerja Utama (IKU) masing-masing SKPD, dalam bingkai pencapaian Visi Sumedang Simpati. "Semua harus genap cepat untuk mengeksekususi program kegiatan Strategis yang sudah ditetapkan. Sehingga penyerapan anggaran dapat dilaksanakan tepat waktu," katanya.

Sambung Dony, tantangan lainnya adalah terkait realisasi pendapatan daerah yang belum optimal yakni baru mencapai 42,54 persen.

Menurutnya, dari target Rp 2,984 trilyun, baru terealisasi Rp 1,272 trilyun. Idealnya pada Triwulan III sudah menembus 50 persen.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x