Singgung Teguran Megawati, Ganjar Pranowo Ungkap Sejumlah Wilayah di Jateng Kini Sudah Tenggelam

- 11 Agustus 2021, 10:10 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo /Kustawa Esye/


GALAMEDIA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sempat memberikan teguran langsung kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada acara Pelatihan Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami yang digelar DPP PDIP secara virtual, Rabu, 4 Agustus 2021.

Ganjar Pranowo pun mengakui dirinya ditegur Ketua Umum Partainya itu soal banjir rob di wilayahnya.

"Sebenarnya bukan saya pribadi, tidak hanya dari Joe Biden tapi dari bu Mega juga kemarin 'Hei Ganjar bagaimana itu rob-nya?'. 'Hai bu, siap'," ucap Ganjar dalam Webinar Jakarta Tenggelam bersama Ikatan Alumni ITB, Selasa, 10 Agustus 2021.

Terkait penanganan banjir rob di Kota Semarang, ia mengatakan, pemerintah daerah setempat memiliki strategi tersendiri meskipun kawasan ini menghadapi rintangan dalam menangani banjir rob.

"Enam tahun yang lalu Pemkot Semarang cukup punya inisiatif cepat sehingga pengendalian (banjir rob) itu bisa juga dilakukan," jelasnya.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 11 Agustus 2021: Polisi Lakukan Olah TKP, Nino Tetap Tak Melirik Elsa

"Kota Semarang akan punya problem besar karena tarik ulur antara pengendalian tata ruang dengan desakan tata uang. Sekali lagi, tata ruang dan tata uang ini akan saling tarik ulur dan kemudian yang kadang-kadang keputusannya menjadi sangat melemah," lanjut Ganjar.

Dalam kesempatan itu, ia pun mengakui sejumlah titik di wilayahnya sudah tenggelam akibat penurunan permukaan tanah atau land subsidence.

Disebutkan, seperti yang terjadi di Desa Bedono di Kecamatan Sayung, Demak. Dikatakan, penurunan permukaan tanah menimbulkan kerusakan bagi rumah-rumah penduduk di desa Bedono yang notabene merupakan kawasan pesisir.

Baca Juga: Arahan Jokowi, Indonesia Bersiap Hidup Berdampingan dengan Covid-19 dalam Waktu yang Tidak Sebentar

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x