9 Provinsi Alami Progres Kurang Baik, Satgas Covid-19 Ancam Perketat PPKM Level 3 dan 4

- 19 Agustus 2021, 19:10 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito.
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. /covid19.go.id

GALAMEDIA - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan 4 di luar Pulau Jawa-Bali bakal diperketat jika pemerintah daerah tidak meningkatkan penanggulangan pandemi Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam acara konferensi pers, Kamis, 19 Agustus 2021.

Disebutkan, indikator penilaian penanganan Covid-19 daerah dinilai dari aspek penambahan kasus, kesembuhan, dan kematian covid-19 mingguan.

Selanjutnya kasus aktif, tingkat keterisian atau BOR RS rujukan covid-19, dan pembentukan posko level terkecil di masing-masing daerah.

"Apabila tidak ada perbaikan pada indikator-indikator yang disebutkan, maka tidak menutup kemungkinan tidak akan terjadi pelonggaran PPKM di daerah tersebut, atau bahkan peningkatan pengetatan PPKM apabila dinilai perlu," katanya.

Baca Juga: Pemkab Beri Bantuan Sepeda Motor untuk Denpom III/2 Garut

Ia pun mengungkapkan ada 9 provinsi yang mengalami progres kurang baik. Sementara 25 provinsi lainnya mengalami penurunan kasus mingguan.

Wiku menambahkan, 9 provinsi itu didominasi daerah di luar Jawa-Bali kecuali Jawa Tengah dan Bali. Tujuh di antaranya adalah Papua Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Aceh, Nusa Tenggara Barat, Maluku, dan Jambi.

Wiku berharap para pemerintah daerah dari 9 provinsi tersebut lekas melakukan evaluasi dan perbaikan dengan melihat data di lapangan yang riil. Sebab, akses mobilitas warga di 9 daerah tersebut berpotensi untuk semakin dibatasi.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x