Eks Wamenlu: Kalau Usulan SBY Didengar, Afghanistan Tak Seperti Sekarang

- 24 Agustus 2021, 18:57 WIB
Diplomat senior, Dino Pati Djalal
Diplomat senior, Dino Pati Djalal /Antara/



GALAMEDIA - Di tengah berkecamuknya konflik Taliban dengan Afghanistan yang kembali memanas seperti sekarang ini, mendadak nama Presiden Indonesia keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mencuat.

SBY disebut-sebut pernah mengusulkan kebijakan Power-Sharing untuk perdamaian Taliban Afghanistan saat menjabat Presiden beberapa tahun lalu.

Usulan itu disampaikan SBY kepada Presiden Barack Obama yang juga kala itu menjabat Presiden Amerika Serikat (AS).

Informasi soal usulan SBY kepada Obama itu diungkap eks Wakil Menteri Luas Negeri (Wamenlu) Dino Patti Djalal melalui akun media sosial Twitter pribadinya.

Baca Juga: Culture dan Transformasi Digital Jadi Penyelamat BRI di Masa Pandemi Covid-19

"Did u know? Presiden SBY dulu pernah usulkan kpd Pemerintah Obama agar diupayakan power-sharing antara pemerintah Hamid dgn Taleban sebagai solusi politik damai jangka panjang," tulis Dino Patti Djalal seperti dilihat Galamedia Selasa, 24 Agustus 2021.

Namun sayangnya kata Dino, usulan itu tidak terealisasi. Bahkan kata dia, seandainya saja usulan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu didengar, Afghanistan tidak seperti sekarang ini.

"Kalau dulu usulan ini didengar, mungkin Afghanistan tidak seperti sekarang." tegasnya.

Seperti diketahui, usai pengambilalihan kekuasaan oleh kelompok Taliban sejak Minggu, 15 Agustus 2021 yang lalu, kondisi di Afghanistan memanas.

Gelombang protes dan penolakan kepada Taliban terus menguat dari berbagai lapisan di negara itu. padahal di sisi lain, Taliban sudah menyatakan bahwa pihaknya bertanggung jawab atas rakyat Afghanistan.

Baca Juga: Kota Cimahi Kirim 20 Kafilah Ikuti STQH 2021

Selain itu, Taliban juga telah mengumumkan bahwa pihaknya kini tengah mempersiapkan pemerintahan yang baru dan akan diumumkan dalam waktu dekat ini.

Terkini, Taliban dikabarkan sudah merombak struktur pemerintahan baru dengan menunjuk beberapa pejabat.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x