Istana Tak Pernah Bertanya Soal Pandemi Covid-19, Siti Fadilah Supari: Kalau Menurut Saya Sih Aneh

- 30 Agustus 2021, 08:05 WIB
Eks Menteri Kesehatan RI Siti Fadilah Supari.
Eks Menteri Kesehatan RI Siti Fadilah Supari. /Tangkapan layar/Kanal YouTube IC The Real Show

 

GALAMEDIA - Mantan Menteri Kesehatan RI Siti Fadilah Supari mengaku aneh dengan perilaku Istana Negara karena dirinya tak pernah dimintai tanggapannya terkait pandemi Covid-19 di tanah air.

"Istana tak pernah meminta pandangan. Ya, kalau menurut saya sih aneh ya. Soalnya surat kabar internasional nanya saya. Itu karena ada pengalaman pandemi di Indonesia saat saya menjabat Menteri Kesehatan," ujar Siti Fadilah saat berbincang-bincang dengan Ichsanurddin Noorsy dan Neno Warisman pada sebuah tayangan video dikutip, Senin, 30 Agustus 2021.

Meski begitu, ia mengaku ada sejumlah pejabat meminta pandangan soal penanganan pandemi ini, termasuk dari Satgas Covid-19.

"Ya cuma di bawah meja. Ada hal tertentu yang mereka tanyakan. Kalau pihak Istana enggak tuh," ujarnya.

Bahkan saat dirinya belum menghirup udara bebas, ia mengaku gatal untuk memberikan pandangannya kepada pemerintah. Pasalnya, ia khawatir pandemi kian meluas seperti yang terjadi seperti saat ini.

Baca Juga: Pengamat: Kalau Tuhan Menghendaki, Anies Tetap Akan Jadi Presiden Meski Ada Gerilya Parpol yang Halangi

"Saya tuh pengen ngomong. Tapi gimana ya saya masih dipenjara. Lagian orang yang dipenjara enggak boleh ngomong. Dan siapa juga yang mau denger," katanya.

Ia pun mengungkapkan negara Indonesia saat ia menjabat jadi Menteri Kesehatan nyaris dipandemikan oleh WHO (World Health Organization) saat itu. Hal itu terkait kasus flu burung dan flu babi.

Ia pun mengaku aneh dengan pandemi Covid-19 saat ini. Pasalnya, hingga saat ini salah satu syarat pandemi belum terpenuhi, yakni mengenai penularan Covid-19 pada binatang atau sebagai sumbernya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x