Kemenkes Klaim Vaksin Terbaik di Dunia Tersedia di Indonesia

- 1 September 2021, 22:15 WIB
Jubir Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi.
Jubir Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi. / /Dok. Kementrian Kesehatan/

 


GALAMEDIA - Kementerian Kesehatan RI mengklaim vaksin terbaik Covid-19 adalah yang tersedia di Indonesia.

“Masyarakat tetap diimbau agar apapun jenis vaksinnya, ingat tidak usah khawatir karena pasti sudah dijamin keamanannya, mutu dan kualitasnya serta efektivitasnya,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi dalam agenda konferensi pers secara virtual, Rabu, 1 September 2021.

Seperti diketahui Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM telah menerbitkan emergency use authorization (EUA) terhadap tujuh jenis vaksin Covid-19 di Indonesia sejak Januari 2021 hingga saat ini.

Jenis vaksin yang sudah mendapat EUA dari BPOM yakni Sinovac, vaksin Covid-19 PT Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer, dan Sputnik V.

Setiap jenis vaksin memiliki karakter masing-masing, misalnya jumlah dosis dan interval penyuntikan.

Baca Juga: Ketua DPR RI Puan Maharani: Keselamatan Setiap Rakyat dan Keluarga Terancam Akibat Kebocoran Data

Meski dalam proses pembuatan vaksin memiliki perbedaan platform seperti inactivated virus, berbasis RNA, viral-vector, dan sub-unit protein.

Namun semuanya sudah dipastikan keamanan dan efektivitasnya dalam melindungi penerima manfaat dari kondisi kesakitan bahkan kematian akibat Covid-19.

Nadia mengatakan sejak Agustus 2021, laju suntikan di Indonesia meningkat hingga 1 juta per hari, bahkan pernah mencapai angka 1,7 juta dosis penyuntikan per hari.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x