Republik Vanuatu Serang Indonesia, di Ulti Balik Sekretaris Perwakilan RI di Sidang Majelis Umum PBB

- 27 September 2021, 14:20 WIB
Diplomat Indonesia, Sindy Nur Fitri memberi jawaban menohok atas serangan Vanuatu tentang HAM di Papua.
Diplomat Indonesia, Sindy Nur Fitri memberi jawaban menohok atas serangan Vanuatu tentang HAM di Papua. /Foto: Tangkapan layar YouTube/MoFA Indonesia/

GALAMEDIA - Vanuatu menyerang Indonesia di arena Sidang Majelis Umum PBB di New York AS, dengan menyinggung soal isu HAM yang terjadi di Papua.

Perlu kita ketahui Vanuatu adalah sebuah negara kepulauan kecil di Samudra Pasifik bagian selatan, Vanuatu terletak di sebelah timur Australia, timur laut Kaledonia Baru, barat Fiji dan selatan Kepulauan Solomon.

Dalam forum Sidang Umum PBB, Perdana Menteri Republik Vanuatu Bob Loughman Weibur dalam pidatonya menuding ada pelanggaran HAM yang terjadi di wilayah Papua Barat Indonesia terhadap masyarakat.

"Pelanggaran hak asasi manusia terjadi secara luas di seluruh dunia. Di wilayah saya, masyarakat adat Papua Barat terus menderita pelanggaran hak asasi manusia," ujar Perdana Menteri Republik Vanuatu Bob Loughman Weibur dalam pidatonya di Sidang Umum PBB.

Baca Juga: Demokrat Kembali Terancam, SBY: Hukum Bisa Dibeli Tapi Tidak untuk Keadilan

Menyikapi Tudingan Vanuatu ,Sekretaris Ketiga Perwakilan Tetap RI di New York, Sindy Nur Fitry langsung mengulti balik tudingan itu dan menyakngkal pelanggaran yang terjadi di Papua seperti yang ditudingkan oleh Vanuatu.

Sindy Nur Fitry mengatakan bahwa Vanuatu terus mengusik kedaulatan negara-negara lain dan negara Indonesia, menurutnya, tudingan Vanuatu itu tidak berdasar.

"Saya terkejut bahwa Vanuatu terus-menerus menggunakan forum yang mulia ini untuk mengusik kedaulatan dan integritas wilayah negara lain. Serta terus melakukan agresi dengan maksud tercela dan motif politik untuk melawan Indonesia," ujar Sindy.

"Kami secara tegas menolak seluruh tuduhan tidak benar, tidak berdasar, dan menyesatkan yang terus dipelihara oleh Vanuatu," sambung Sindy.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x