HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA, Puskesmas Punya Layanan Kejiwaan, Masyarakat Perlu Tahu

- 18 Oktober 2021, 21:13 WIB
Asisten Pemerintahan Hukum dan Kesejahteraan Sosial Sekda Provinsi Jabar, Dewi Sartika./Foto: Dinkes Jabar/
Asisten Pemerintahan Hukum dan Kesejahteraan Sosial Sekda Provinsi Jabar, Dewi Sartika./Foto: Dinkes Jabar/ /

GALAMEDIA – Masyarakat diminta segera meminta bantuan puskesmas jika menemukan keluarga atau kerabat yang stres atau depresi akibat COVID-19. Tidak banyak masyarakat yang tahu bahwa puskesmas selama ini memiliki layanan kejiwaan.

Sosialisasi dan edukasi penting guna menghindari praktik pemasungan kepada orang depresi dan stres yang saat ini masih ditemukan di tengah- tengah masyarakat.

Pandemi COVID-19 tak pelak tidak saja mengganggu kesehatan fisik tapi juga psikis masyarakat. Tidak saja diderita orang yang secara langsung terpengaruh karena hilang pekerjaan atau pendapatan berkurang, tapi juga dirasakan para penyintas COVID-19.

Gangguan mental menyebabkan perubahan pola-pola kehidupan individu, gangguan relasi, gangguan fungsi pekerjaan yang mempengaruhi produktivitas manusia.

Baca Juga: Survei Pilpres 2024 Litbang Kompas: Prabowo dan Ganjar Posisi Puncak, Anies Urutan Ketiga

Demikian terungkap dalam Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Tahun 2021 dengan tema “Mental Health For All : Let's Make it Reality”, Senin, 18 Oktober 2021.

Menurut Asisten Pemerintahan Hukum dan Kesejahteraan Sosial Sekda Provinsi Jabar Dewi Sartika, Pemda Provinsi Jabar mendukung akselerasi akses, layanan, dan kualitas kesehatan jiwa bagi masyarakat di masa pandemi COVID-19. Ini sudah sesuai Perda 5/2018 tentang Penyelenggaraan Kesehatan Jiwa.

“Peningkatan layanan kesehatan jiwa perlu disadari secara bersama sebagai sesuatu yang sangat urgen, khususnya yang berkaitan dengan pemulihan kesehatan jiwa pasca-pandemi COVID-19. Karena kesehatan jiwa sama pentingnya dengan kesehatan fisik,” ujar Dewi Sartika.

Baca Juga: PBB Tak Terima Yusril Disuruh 'Cuci Muka', Demokrat: Kok Anda Ikut-Ikut?

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x