Kota Bandung Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19 dengan 5M dan 3T

- 19 Oktober 2021, 15:41 WIB
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rosye Arosdiani Apip
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rosye Arosdiani Apip /Prokopim Setda Kota Bandung/

GALAMEDIA - Perkiraan gelombang ketiga penyebaran Covid-19 bakal datang di bulan Desember 2021 membuat Pemerintah Kota Bandung memasang kewaspadaan. Selain terus mengampanyekan protokol kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung terus memperkuat pengetesan kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bandung Rosye Arosdiani pada acara Bandung Menjawab, Selasa, 19 Oktober 2021.

"Karena pandemi ini harus disiapkan dengan 5M, dan tetap 3T (testing, tracing, treatment), karena kasus Covid-19 diketahui harus dengan pengetesan, ini yang tidak boleh diabaikan," kata Rosye.

Protokol kesehatan 5M yang dimaksud Rosye adalah memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Dikatakan Rosye, para petugas di Puskesmas melakukan pengetesan hingga ke masyarakat yang diketahui mengalami batuk dan pilek. Semua yang mengalami gejalan itu dilakukan tes antigen.

Baca Juga: Bedas Sapujagat, Cegah Angka Pernikahan Dini di Kabupaten Bandung

"Karena yang batuk dan pilek itu harus dipastikan, apakah Covid-19 atau bukan," kata Rosye.

Ia mengaku juga melakukan pengetesan acak kepada orang-orang yang melaksanakan aktivitas di sekolah atau menggelar pembelajaran tatap muka (PTM)

Selain itu, di sejumlah titik kedatangan WNI atau wisatawan dari luar negeri. Mereka perlu dilakukan pengetesan dan menjalani karantina. Namun, sejauh ini sampel-sampel yang diuji masih belum ada indikasi adanya varian baru. Meski begitu, model penyelidikan tersebut masih terus dijalankan sekaligus mengantisipasi gelombang ketiga.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x