Pemulihan Ekonomi Di Masa Pandemi, Ketua Komisi I DPRD Jabar: Pemerintahan Desa Harus Jadi Mitra Strategis

- 8 November 2021, 20:04 WIB
Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat, Bedi Budiman
Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat, Bedi Budiman /Rio Ryzki Batee/Galamedia/

GALAMEDIA - Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat, Bedi Budiman berharap Pemerintahan Desa harus menjadi mitra strategis dalam pengembangan perekonomian pedesaan. Terutama program pemulihan akibat lesunya ekonomi dampak Covid-19.

"Perjanjian kerjasama antara Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) dengan BJB merupakan terobosan yang positif untuk menopang tata kelola keuangan di desa," ungkapnya pada Kolaborasi Bjb dan APDESI dalam memajukan Perekonomian Desa Melalui Inklusi Keuangan di GH Universal, Jln. Setiabudi, Kota Bandung, Senin, 8 November 2021.

Menurutnya pihaknya ingin melihat adanya upaya nyata dalam pembangunan desa, dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Provinsi Jawa Barat yang harus menjadi penggerak.

"Ini inisiatif bersama dari Dinas Desa dan Bank BJB, kami dari Komisi I, ini yang kami harapkan sejak lama karena kami ingin agar upaya kongkrit pemerintah provinsi dalam hal pembangunan desa," terangnya.

Baca Juga: Dapat Bantuan Kendaraan Vaksinasi Covid-19, Hengki Kurniawan Sebut Untuk Jemput Bola ke Kampung-kampung

Bedi menyebut ada beberapa persoalan yang harus dibenahi oleh DPM-Desa terlebih dalam hal tata kelola, sistem keuangan serta smart village, dan hadirnya Bank BJB ini menjadi suatu penguatan pada beberapa kekurangan tersebut.

"BJB kalo hadir disini memberikan penguatan ini akan sangat positif mulai dari tata kelola, integritas sistem keuangan desa dan smart village," ujarnya.

Dikatakannya masa pandemi ini berdampak pada perekonomian, dan pemerintah desa harus menjadi salah satu pendukung dalam penyembuhan ekonomi apalagi didukung oleh Bank milik daerah tersebut.

"Yang paling penting kan begini, dampak pandemik ini terhadap perekonomian, kami berharap pemerintah desa itu menjadi salah satu instrumen dalam recovery perekonomian dan kehadiran BJB ini, ini akan sangat positif membantu," tuturnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x