Indonesia Menuju Era Bonus Demografi, Kang Awang: Harus Dioptimalkan atau Khawatir Jadi Beban Negara

- 8 November 2021, 22:51 WIB
Anggota  DPRD Kota Bandung, Rendiana Awangga.
Anggota DPRD Kota Bandung, Rendiana Awangga. /Rio Ryzki Batee/Galamedia/

 

GALAMEDIA - Anggota DPRD Kota Bandung, Rendiana Awangga mengatakan era bonus demografi saat ini harus dapat dioptimalkan sebaik mungkin terutama oleh generasi milenial, sehingga Indonesia dapat meraih manfaatnya.

Seperti diketahui, bonus Demografi, adalah potensi pertumbuhan ekonomi yang tercipta akibat perubahan struktur umur penduduk, dimana proporsi usia kerja lebih besar daripada proporsi bukan usia kerja.

Jawa Barat mempunyai potensi dan peluang, karena memiliki jumlah penduduk terbesar di Indonesia.

Menurutnya apabila pemerintah tidak sigap dan masyarakat lengah menangkap peluang itu, dikhawatirkan bonus demografi akan menjadi musibah dan malapetaka. Karena kemudian banyaknya masyarakat usia produktif yang tidak mandiri, dan secara ekonomi malah menjadi beban negara.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 9 November 2021: Marah Besar! Irvan Pecat Iqbal karena Ceroboh

"Era Bonus Demografi ini bisa jadi berkah atau beban bagi kita, tergantung bagaimana kesiapan kita," ungkapnya pada webinar nasional Gebyar FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung "Lead or Leave : Aktualisasi Peran dan Tanggung Jawab Generasi Milenial Menuju Indonesia Emas 2045", Senin, 8 November 2021.

Pria yang akrab disapa Kang Awang tersebut, menerangkan bahwa pemerintah harus mulai mengalihkan fokusnya ke infrastruktur pembangunan manusia.

"IPM kita Cukup tertinggal diantara negara lainnya. Dan kita harus sadar bahwa batas antar negara di bidang ekonomi dan SDM akan semakin samar. Jangan kemudian daya saing SDM kita kalah dengan SDM yang datang dari luar negeri," tuturnya.

Politisi NasDem tersebut, memberikan saran dan tips kepada para peserta webinar, salah satunya tentang mendapatkan keahlian dan kemampuan di luar jalur pendidikan formal.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah