Sebanyak 8 Siswa dan Guru di Kota Cimahi Terkonfirmasi Posituf Covid-19, PTM Kembali Dihentikan

- 23 November 2021, 05:02 WIB
Seorang siswa sedang menjalani swab tes PCR di SMPN 9 Cimahi, Jalan Mahar Martanegara, Senin (22/11). Kegiatan tersebut diikuti ratusan siswa dan guru di Kota Cimahi
Seorang siswa sedang menjalani swab tes PCR di SMPN 9 Cimahi, Jalan Mahar Martanegara, Senin (22/11). Kegiatan tersebut diikuti ratusan siswa dan guru di Kota Cimahi /LAKSMI SRI SUNDARI/GM /


GALAMEDIA - Delapan orang guru dan siswa di Kota Cimahi terkonfirmasi positif Covid-19, setelah menjalani swab test PCR secara acak, yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi.

Pembelajaran tatap muka (PTM) di sejumlah sekolah pun terpaksa dihentikan sementara.

Berdasarkan hasil swab test PCR yang dilakukan secara acak terhadap 717 siswa di wilayah utara dan tengah, ditemukan 8 guru dan siswa yang hasilnya positif. Rinciannya, 3 orang siswa, dan 5 orang guru.

"Senanyak 8 orang guru dan siswa itu dari 7 sekolah, 2 SD dan 5 SMP baik negeri maupun swasta. Sehingga kita tutup sementara," ungkap Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi, Harjono ditemui saat meninjau pelaksanaan swab test PCR di SMPN 9 Cimahi, Jalan Mahar Martanegara, Senin 22 November 2021.

Baca Juga: Polri Dorong Pengembangan Layanan BPKB di Polda Berbasis Digital

Menurutnnya, dengan adanya siswa dan guru yang positif Covid-19 itu kegiatan PTM di 7 sekolah itupun dihentikan selama 14 hari.

Aktivitas belajar mengajar kembali dilakukan secara daring, seperti yang dilakukan selama pandemi Covid-19.

"Kita sudah buat surat edaran ke orang tua selama dua pekan, sekolah kembali menggunakan sistem BDR (Belajar Dari Rumah)," kata Harjono.

Ia menyebutkan, dari 8 guru dan siswa yang terkonfirmasi positif Covid-19, 4 orang berdomisili di Kota Cimahi dan 4 orang dari luar Kota Cimahi.

Baca Juga: 76 Persen Mahasiswa Stress Sedang-Berat, 13 Persen Ingin Akhiri Hidup

Pihaknua menduga, mereka tertular dari luar sekolah.

"Kalau sekolah semuanya sudah disemprot disinfektan. Untuk yang guru dan siswa yanb psositif semuanya menjalani isolasi mandiri," ujarnya.

Meski ditemukan kasus Covid-19, Harjono memastikan PTM secara keseluruhan di Kota Cimahi akan tetap dilanjutkan.

Penutupan hanya akan dilakukan di sekolah yang terdapat kasus positif Covid-19.

"Kita minta protokol kesehatannya supaya diperketat," tuturnya.

Baca Juga: Epidemiolog UGM Perkirakan 80 Persen Penduduk Indonesia Terinfeksi Varian Delta

Sementara itu pada pelaksanaan swab test PCR di SMPN 9 Cimahi dilakukan terhadap guru dan siswa yang ada di wilayah Cimahi Selatan, dengan sasaran sebanyak 375 orang.

"Untuk hari ini swab test PCR untuk guru dan siswa yang ada di wilayah Cimahi Selatan. Sasarannya 375 orang, yang tidak hadir akan dipanggil kembali, karena target ini sudah ditetapkan," ujar Harjono.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x