Antisipasi Siaga Satu Kebencanaan, BPBD Jabar Inisiasi Posko Lapangan Kesiapsiagaan Pencegahan Bencana

- 23 November 2021, 19:20 WIB
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menginisiasi Posko Lapangan Kesiapsiagaan Pencegahan Bencana Hidrometeorologi di Kawasan Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menginisiasi Posko Lapangan Kesiapsiagaan Pencegahan Bencana Hidrometeorologi di Kawasan Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung. /Rio Ryzki Batee/Galamedia/

GALAMEDIA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menginisiasi Posko Lapangan Kesiapsiagaan Pencegahan Bencana Hidrometeorologi di Kawasan Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung.

Hal tersebut, sebagai antisipasi kebencanaan yang terjadi pada Oktober 2021 -Februari 2022, karena merupakan musim hujan.

Kasi Kedaruratan BPBD Jabar, Hadi Rahmat Hardjasasmita bahwa posko tersebut dipersiapkan, menyusul dengan ditetapkannya siaga bencana hidrometeorologi oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

"Posko ini sebagai pendampingan kepada posko kebencanaan yang ada di masing-masing kabupaten/kota, terlebih dengan ditetapkannya siaga bencana hidrometeorologi oleh Pak Gubernur," ungkapnya di Posko Lapangan Kesiapsiagaan Bencana di Kawasan Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Selasa, 23 November 2021.

Menurutnya dalam penanggulangan kebencanaan untuk Standar Pelayanan Minimal (SPM) berada di masing-masing kabupaten/kota. Oleh karena itu, pihaknya melakukan rapat koordinasi dengan pemda kabupaten dan kota di Jabar untuk penanggulangan bencana.

Baca Juga: Wabup Sumedang Minta Lansia Jaga Tetap Prokes

"Dalam rapat koordinasi tersebut, kita memberikan informasi dan kesiapsiagaan ke tingkat kecamatan dan kelurahan. Termasuk mengingatkan kepada kabupaten dan kota mempersiapkan logistik dan peralatan penanggulangan kebencanaan," tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan surat edaran kepada kabupaten/kota untuk mempersiapkan pos-pos pengendalian kebencanaan, termasuk jalur evakuasi dan titik-titik pengungsian.

Serta mengembangkan koordinasi lebih intensif, dengan menjadikan pejabat eselon 3 dan 4 sebagai LO kebencanaan yang berfokus pada monitorong sungai-sungai di Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x