Soroti Kabar Bandara Kualanamu di Tangan India, Roy Suryo: Cucu Kita dapat Apa? Hutang!

- 26 November 2021, 17:11 WIB
Pakar telematika, Roy Suryo.
Pakar telematika, Roy Suryo. /Instagram /@krmtroysuryo2/

GALAMEDIA - Pakar telematika, Roy Suryo belum lama ini turut menanggapi perihal kabar soal pengelolaan Bandara Kualanamu.

Perusahaan GMR Airport International selaku Global Airport Operator yang bermukim di New Delhi, India menjadi pemenang tender Strategic Partnership Bandara Kualanamu.

Kini, GMR Airport International diberi hak untuk mengelola Bandara Kualanamu dengan masa pengelolaan 25 tahun.

Baca Juga: Lagi-lagi Bukan Song Joong Ki, Ini Deretan Artis Korea Paling Hits, Nomor 1 Sudah Biasa!

Mengetahui kabar tersebut, Roy Suryo lantas buka suara .

Melalui akun Twitter pribadinya @KMTRoySuryo2, ia menilai  bahwa pada tahun 2014, Indonesia akan bangga memiliki Bandara Kualanamu yang mampu bersaing dengan Bandara Internasional Changi, Singapura.

Namun, Roy menyayangkan jika Bandara Kualanamu akan dikelola India. Ia pun mempertanyakan apayang akan didapatkan generasi selanjutnya.  

Baca Juga: Terkejut Bangun dengan Mata Panda, Nagita Slavina Sempatkan Lakukan Hal Ini Sebelum Melahirkan Putra Keduanya

“Th 2014, Indonesia Bangga dgn Bandara termodern di Medan yg diproyeksikan bersaing dgn Changi, Singapura. Tetapi kini dgn entengnya "dijual" 25th ke India, Belum besok2 Bandara2 lainnya (Kertajati & Purbalingga)? Anak2 cucu kita dpt apa? Malu, Mangkrak, Meroket (Hutangnya) AMBYAR,” paparnya yang dilansir Galamedia pada Jumat, 26 November 2021.

Baca Juga: Kasus Mimpi Bertemu Rasul, Haikal Hassan Tak Penuhi Panggilan Penyidik

Sebelumnya, pengelola Bandara Internasional Kualanamu yaitu PT Angkasa Pura menjelaskan bahwa bandara tersebut akan menjadi regional hub di wilayah Barat Indonesia.

"Kami komitmen membangun infrastruktur dan fasilitas kebandarudaraan untuk mencapai visi dan misi perusahaan di Bandara Kualanamu agar menjadi internasional regional hub," kata Direktur PT Angkasa Pura Aviasi, Haris dilansirdari Antara.

Hal itu dikemukakan setelah penetapan India menjadi mitra strategis pengelola Bandara Internasional Kualanamu selama 25 tahun.

Baca Juga: 7 Perbedaan Drakor, Dracin, Lakorn dan Dorama, Mana yang Jadi Favorit Kamu?

PT Angkasa Pura selaku penerima mandat akan memaksimalkan pengelolaan dan pengembangan Bandara Internasional Kualanamu.

Tak hanya itu, pihak pengelola Bandara Internasional Kualanamu akan melakukan percepatan dalam pertumbuhan ekonomi regional.

"Tentunya kami bergerak cepat dalam meningkatkan pelayanan kebandarudaraan, khususnya di Bandara Kualanamu bersama pemangku kepentingan bagi masyarakat maupun pengguna jasa," kata Haris.

Baca Juga: Raffi Ahmad Ucap Syukur Sang Istri Lahirkan Anak Kedua: Alhamdulillah, Tambah Lagi Jagoan Papa

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II (Persero) telah menetapkan GMR Airport Consortium berbasis di New Delhi India menjadi mitra strategis pengembangan dan pengoperasian di bandara tersebut.

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo juga menyampaikan bahwa jangka waktu pengelolaan Bandara Kualanamu dilakukan dalam kurun waktu 25 tahun.

"Jangka waktu pengelolaan dan pengembangan Bandara Kualanamu 25 tahun dan nilai kerja sama enam miliar dolar AS, termasuk investasi mitra strategis Rp15 triliun," kata Kartika Wirjoatmodjo.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x