Kasus Langka Warga Korsel Membelot ke Korut, Tembus Pasukan Militer Penjaga Perbatasan

- 3 Januari 2022, 00:09 WIB
Sebuah kasus langka terjadi di kawasan DMZ Korea saat seorang warga Korea Selatan memilih melakukan pembelotan dengan menyebrangi perbatasan menuju Korea Utara.
Sebuah kasus langka terjadi di kawasan DMZ Korea saat seorang warga Korea Selatan memilih melakukan pembelotan dengan menyebrangi perbatasan menuju Korea Utara. //REUTERS/Jacquelyn Martin

GALAMEDIA - Perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara yang dijaga ketat pasukan militer, berhasil ditembus seorang warga Korea Selaran 

Kepala Staf Gabungan (JCS) mengatakan melancarkan operasi pencarian setelah pihaknya mendeteksi keberadaan warga tersebut pada Sabtu (1/1/2022) pukul 21.20 waktu setempat di bagian timur Zona Demiliterasi, kawasan yang memisahkan Korsel dan Korut.

"Kami mendapat kepastian bahwa orang tersebut menyeberangi perbatasan Jalur Demarkasi Militer pada sekitar pukul 22.40 dan lari ke (Korea) Utara," kata JCS, Minggu 2 Januari 2022.

Baca Juga: Hindari Kemacetan Pulang Libur Nataru, Ini Pesan yang Disarankan Bagi Warga Jabodetabek

JCS tidak bisa memastikan apakah orang tersebut berada dalam keadaan hidup, namun telah mengirimkan pemberitahuan kepada Korut melalui saluran khusus militer agar mereka melakukan pengamanan.

Aksi melintasi perbatasan itu, yang di Korea Selatan merupakan tindakan ilegal, terjadi pada saat Korea Utara sedang menerapkan langkah-langkah tegas dalam menangani penyebaran virus corona.

Korut sejak awal 2020 telah menutup wilayah-wilayah perbatasannya kendati belum mengungkapkan ada kasus infeksi virus tersebut.

Baca Juga: MENGAWALI TAHUN 2022, Getage Putus Tren Kemenangan Real Madrid

Kemarahan masyarakat dan keributan politik bermunculan setelah pasukan Korut menembak mati seorang pejabat perikanan Korsel, yang hilang di laut pada September 2020.

Pemerintah Korut di Ibu Kota Pyongyang berdalih insiden itu terjadi di tengah aturan penanganan Covid-19. Pyongyang kemudian menyatakan permohonan maaf.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x