Pegawai BPK Gadungan Tawarkan Bisnis, Hasilnya Raup Uang Setengah Miliar

- 11 Januari 2022, 20:31 WIB
Kapolres Cimahi, AKBP Imron Ermawan menunjukkan barang bukti alat kelengkapan pelaku untuk mengelabui korbannya, pada gelar perkara di di Mapolres Cimahi Jalan Amir Mahmud, Selasa (11/1/2022).
Kapolres Cimahi, AKBP Imron Ermawan menunjukkan barang bukti alat kelengkapan pelaku untuk mengelabui korbannya, pada gelar perkara di di Mapolres Cimahi Jalan Amir Mahmud, Selasa (11/1/2022). /Laksmi Sri Sundari/Galamedia/

GALAMEDIA - Seorang pria yang mengaku sebagai pegawai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jawa Barat dengan jabatan Kepala Audit Fungsional, berhasil dibekuk oleh jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cimahi.

Pelaku yang bernama Fikri Hidayat (27), warga Kota Bandung itu memanfaatkan jabatannya sebagai pegawai gadungan BPK Jabar, untuk menipu para korbannya untuk menyetorkan sejumlah uang.

Tercatat ada lima orang yang berhasil ditipu oleh pelaku, dengan total uang yang dikumpulkan hampir mencapai setengah miliar rupiah.

Baca Juga: Wajib Tahu! Berikut Buah dan Sayur untuk Membantu Proses Penyembuhan Jerawat Secara Alami

Kini pelaku harus meringkuk di balik jeruji besi Mapolres Cimahi untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Pelaku ini mengaku sebagai pegawai BPK Provinsi Jawa Barat, dan sehari-hari memakai baju bertuliskan dan berlogo BPK, baju Korpri, tanda pengenal BPK, dan aksesoris yang lain untuk meyakinkan korbannya," kata Kapolres Cimahi, AKBP Imron Ermawan saat gelar perkara di Mapolres Cimahi Jalan Amir Mahmud, Selasa  11 Januari 2022.

Imron mengungkapkan, terakhir korban melakukan penipuan kepada Muhammad Erfan Afriyanto (26), warga Cilame Permai Blok 17, RT 1/19, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Dari hasil penipuan tersebut pelaku mendapatkan uang dari korban sebesar Rp 179.270.000.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Dinilai Blunder, Senggol Korut di Depan STY, Netizen Khawatir Kim Jong Un Kirim Rudal

Berdasarkan pengembangan, ternyata Erfan bukan korban satu-satunya. Ada empat warga lainnya yang menjadi korban kelihaian pelaku, yakni Agus Suryadianto dengan kerugian Rp 200 juta, Tekad Rp 25 juta, Yanto Rp 86 juta, dan Dedi warga Lembang Rp 4,5 juta.

"Jadi total ada 5 korban. Ini mungkin bisa saja bertambah. Cuma belum ada yang lapor saja yang lainnya," ujar Imron.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x