Banjir Bandang Terjang Wilayah Selaawi Garut, 5 Desa Terdampak

- 13 Januari 2022, 22:59 WIB
Luapan air sungai merendam jalan dan permukiman warga di Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut usai wilayah tersebut dguyur hujan deras sejak siang hari, Kamis 13 Januari 2022.
Luapan air sungai merendam jalan dan permukiman warga di Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut usai wilayah tersebut dguyur hujan deras sejak siang hari, Kamis 13 Januari 2022. /Agus Somantri/Galamedia/


GALAMEDIA - Hujan deras yang mengguyur sejak siang, menyebabkan terjadinya banjir bandang di sejumlah kawasan di Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, Kamis 13 januari 2022.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sedikitnya ada 5 desa dari 7 desa di Kecamatan Selaawi yang terdampak banjir bandang tersebut, yaitu Desa Mekarsari, Desa Putrajawa, Desa Selaawi, Desa Samida, dan Desa dan Desa Pelita Asih.

Kepala Seksi (Kasi) Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Iman Imrania, membenarkan adanya kejadian banjir bandang tersebut.

Menurutnya, saat ini petugas dari BPBD Garut sudah berada di lokasi.

"Benar, tadi kami mendapat telpon dari pa camat, bahwa ada luapan air. Saat ini petugas sudah berada di lokasi," ujarnya, Kamis 13 Januari 2022.

Iman menyebutkan, banjir terjadi usai hujan deras mengguyur wilayah tersebut sejak siang hari. Namun begitu, pihaknya belum bisa memberikan keterangan lebih jauh terkait musibah bencana alam yang terjadi di Kecamatan Selaawi tersebut.

Baca Juga: Duo Samba Tak Berkutik, Persib Kalah 0-1 dari Bali United! Bobotoh Kecewa: Sia Nu Maen Aing Nu Cape

"Saat ini kami belum bisa memastikan apa penyebabnya dan dari mana sumber luapan air tersebut, tapi memang sejak siang hari hujan deras di kawasan tersebut," ucapnya.

Berdasarkan informasi sementara, akibat banjir bandang tersebut menyebabkan satu rumah warga di RW 11 dan di Legok Bedeng wilayah perbatasan DEsa Selaawi terendam. Selain itu,banjir juga merendam lapangan futsal yang ada di daerah tersebut.

Sementara itu, Camat Selaawi, Ridwan Efendi, mengatakan, banjir yang terjadi di wilayahnya tersebut usai hujan deras mengguyur sejak pukul 14.00 hingga pukul 18.00 WIB, menyebabkan beberapa sungai meluap dan merendam permukiman warga.

Ridwan menuturkan, selain banjir, hujan deras yang terjadi sejak siang hingga sore hari menyebabkan terjadinya longsor di beberapa titik di kawasan Kecamatan Selaawi. Namun Ridwan memastikan, tidak ada korban dalam musibah banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di wilayahnya tersebut.

Baca Juga: Sebelum Akui Bukan Bagian dari Habib Lagi, Ternyata Habib Kribo Lebih Dulu Dicoret dari Bani Alawi

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x