Harga Beras Melonjak Drastis, Pedagang Grosir: Kualitas Juga Sekarang Kurang Bagus

- 16 Januari 2022, 20:50 WIB
Harga beras di Kota Cimah mengalami kenaikan, rata-rata berkisar antara Rp 600 hingga 700 per kilogram.
Harga beras di Kota Cimah mengalami kenaikan, rata-rata berkisar antara Rp 600 hingga 700 per kilogram. /Laksmi Sri Sundari/Galamedia/

GALAMEDIA - Harga beras di Kota Cimah mengalami kenaikan, rata-rata berkisar antara Rp 600 hingga 700 per kilogram. Kenaikan tersebut diduga akibat berkurangnya pasokan, karena belum masuk masa panen.

Berdasarkan pantauan di sejumlah lokasi, Ahad, 16 Januari 2022, semua jenis beras rata-rata mengalami kenaikan. Beras jenis medium kini dijual antara Rp 9.000 hingga 10.500/kg, sementara beras premium dibadrol Rp 11.000/kg.

"Sekarang lagi melonjak ya harganya, sebagian ada yang naiknya Rp 600 per kilogram, sebagian lagi ada yang sampai Rp 700 per kilogram naiknya," ungkap Dadan, pemilik grosir beras di Jalan Terusan, Kelurahan Cimahi, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

Menurutnya, kenaikan beras dipicu oleh berkurangnya pasokan. "Mungkin karena panen yang kurang bagus, atau sedikit yang masok beras dari tempat tanam ke penggilingan. Jadi pasokan ke kita juga jadi agak seret," ujar Dadan.

Baca Juga: Kodim 0605 Subang Tanam Pohon di DAS Cidomas

Diakui Dadan, saat ini kualitas beras juga sedikit kurang bagus. Jika pun ada kualitasnya bagus, harganya mahal.

"Mungkin banyak yang gagal panen, kualitas juga jadi kurang bagus. Ada yang bagus, tapi harganya mahal," sebutnya.

Mahalnya harga beras, kata Dadan, berpengaruh terhadap penjualan. "Penjualan menurun, tapi tidak terlalu signifikan. Konsumen yang bertahan paling pelanggan setia," ujarnya.

Ia berharap, harga beras tidak terus mengalami kenaikan. Sebab akan berpengaruh terhadap penjualan. "Sekarang kan pada mahal, terutama minyak goreng, ditambah lagi sekarang harga beras naik, kasian masyarakat, termasuk pedagang juga," katanya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x