Selamat Tinggal Jakarta, Ibu Kota Baru RI Kini Bernama Nusantara

- 17 Januari 2022, 15:21 WIB
Desain Ibu Kota Negara dari Nyoman Nuarta.
Desain Ibu Kota Negara dari Nyoman Nuarta. /Instagram.com/ @nyoman_nuarta

GALAMEDIA - Hampir pasti Jakarta tidak lagi menjadi nama Ibu Kota Republik Indonesia. Pemerintah kini mengumumkan nama Ibu Kota Negara (IKN) baru yakni Nusantara.

Persiapan pemindahan IKN ke Kalimantan terus dilakukan persiapan oleh pemerintah termasuk pemilihan nama Nusantara.

Setelah berbagai tahapan kini nama Nusantara dipilih sebagai nama IKN yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara itu.

Baca Juga: Lirik Lagu Bagaimana Kalau Aku Tidak Baik-Baik Saja Judika, Terinspirasi dari Drama Korea Crash Landing On You

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyebut bahwa nama Nusantara sudah sesuai dengan pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya baru mendapatkan konfirmasi dari Bapak Presiden Jokowi pada Jumat dan beliau mengatakan Ibu Kota Negara (IKN) ini namanya Nusantara," ujar Suharso Senin, 17 Januari 2022 dikutip dari Antara.

Dia mengatakan bahwa Nusantara menjadi pilihan lantaran istilah itu sudah lama dikenal dan ikonik di dunia internasional.

Baca Juga: Resep Seblak Kuah Pedas dan Gurih, Pedasnya Nampol Sampai Bikin Seuhah Lata-lata!

Selain itu kata dia, nama Nusantara juga merupakan istilah yang menunjukkan keindonesiaan. Ia meyakini bahwa penggunaan nama itu akan mendapat persetujuan dari berbagai pihak.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x