Klub Inggris Jor-Joran, Belanja Pemain pada Jendela Transfer Januari Habiskan Rp5,6 Triliun

- 1 Februari 2022, 21:40 WIB
Logo Liga Premier
Logo Liga Premier /Isu Bogor/Pikiran Rakyat

GALAMEDIA - Klub-klub Liga Premier menghabiskan 295 juta pound (Rp5,6 trilin) untuk pembelian pemain selama jendela transfer Januari yang terbesar sejak 2018.

Uniknya, sebagian besar trasfer dilakukan oleh lima tim terbawah yang menyumbangkan lebih dari 50 persen total pengeluaran klub-klub Liga Premier pada jendela transfer ini.

Menurut Deloitte dalam sebuah laporan yang diterbitkan Selasa 1 Februari 2022 pengeluaran kotor liga utama Inggris itu lebih dari empat kali lipat dibandingkan selama Januari 2021 di mana hanya 70 juta pound (Rp1,3 triliun) yang dihabiskan oleh tim-tim liga ini.

Baca Juga: Ali Ngabalin: Ahli Nyinyir, Ahli Provokator, Anti Pancasila Biar Nanti Diurus Kalau Sudah…

Klub-klub Liga Premier total merekrut 36 pemain selama jendela transfer Januari. Angka ini turun dibandingkan dengan rata-rata 42 pemain selama jendela Januari periode 2018-2020, tetapi naik 16 pemain dibandingkan dengan Januari 2021.

Dengan demikian sepanjang jendela transfer Januari tahun ini uang yang dihabiskan klub-klub Inggris adalah yang paling banyak kedua sejak 2003.

Gelandang Donny van de Beek dan Dele Alli diberi peluang membangun lagi karirnya dengan bergabung bersama tim peringkat ke-16 Everton pada hari terakhir jendela transfer Senin.

Baca Juga: Indonesia Disebut Sudah Masuk Gelombang Ketiga Covid-19, Kemenkes Sebut Baru Juga 10 Hari Lalu Naiknya

Newcastle United yang terancam degradasi juga aktif dalam jendela transfer ini setelah diakuisisi Dana Investasi Publik Arab Saudi, antara lain dengan membeli pemain Brazil Bruno Guimaraes dari Olympique Lyonnais seharga 40 juta euro (Rp644 miliar).

Sports Business Group Deloitte, menambahkan bahwa Liga Premier menyumbangkan pengeluaran hampir 50 persen dari total belanja kotor lima liga besar Eropa.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x