Wakil Ketua MPR Apresiasi Permintaan Maaf PM Rutte : Pengakuan Tersebut Sesuatu yang Melegakan Keluarga Korban

- 18 Februari 2022, 17:11 WIB
Ahmad basarah, Wakil Ketua MPR RI. /MPR.go.id
Ahmad basarah, Wakil Ketua MPR RI. /MPR.go.id /

GALAMEDIA - Perdana Menteri Belanda Mark Rutte meminta maaf kepada Indonesia atas penggunaan kekerasan oleh militer Belanda selama masa Perang Kemerdekaan 1945-1949.

Permintaan maaf itu disampaikan Rutte pada konferensi pers di Brussel, ibu kota Belgia, Kamis 17 Februari 2022 waktu setempat.

Wakil ketua MPR RI Ahmad Basarah mengapresiasi permintaan maaf Perdana Menteri Belanda Mark Rutte kepada rakyat Indonesia atas penggunaan kekerasan oleh militer Belanda selama masa Perang Kemerdekaan 1945-1949.

Menurut Ketua Bidang Luar Negeri DPP PDI, ini juga mengatakan, bahwa permintaan maaf tersebut adalah satu langkah lebih maju dan sesuatu yang melegakan bagi keluarga korban.

“Pengakuan akan kekerasan sistemik yang dilakukan militer Belanda ini merupakan langkah maju yang patut kita apresiasi, dan memberi kelegaan bagi keluarga korban, ibarat beban berat yang terlepas,” kata Basarah dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, 18 Februari 2022.

Baca Juga: Pemprov Jabar Siap Tampung Isu Strategis dari 27 Kabupaten-Kota

Menurut dia, pemerintahan sebelum PM Rutte tidak pernah meminta maaf secara langsung dan mengakui kekerasan ekstrem yang sistemik dan tersebar masif.

Pemerintah Belanda terdahulu, kata dia, hanya menyampaikan bahwa militer Belanda kasar. Namun, tidak dapat dihindari situasinya.

“Saya berharap agar itikad baik pemerintah Belanda itu tidak hanya berhenti sampai permintaan maaf, tetapi harus ditindaklanjuti dengan pemberian kompensasi yang seimbang bagi keluarga korban dan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x