Usai Gempa Berkekuatan 5,8 Setengah Jam Disusul 5,1 di Flores, Daryono: Meski Kuat Belum Berpotensi Merusak

- 21 Februari 2022, 20:53 WIB
Koordinator bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono.
Koordinator bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono. /Instagram.com/@daryonobmkg//

 

GALAMEDIA - Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono mengungkapkan tidak lama setelah terjadi gempa Magnitudo 5,8 di Manggarai, Flores, terjadi gempa susulan.

"Setengah jam kemudian terjadi lagi gempa susulan Magnitudo 5,1. Kedua gempa signifikan ini dirasakan oleh masyarakat," ujar Daryono melalui akun Twitter @DaryonoBMKG, Senin, 21 Februari 2022.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, lanjut Daryono, gempa yang mengguncang Manggarai-Flores 5,8 & 5,1 ini merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Naik Flores (Flores back arc thrusting).

Baca Juga: Kasus Wayang Kian Heboh, Budayawan Sudjiwo Tedjo: Siapakah Sang Pembentur Agung ini?

Disubutkan, Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa yang mengguncang Manggarai-Flores Magnitudo 5,8 dan 5,1 ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Baca Juga: Sudah di RS Jelang Kelahiran Baby A, Ashanty: Bismillah, doakan ya semoga lancar

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa yang mengguncang Manggarai-Flores Mag. 5,8 & 5,1 ini tidak berpotensi tsunami," jelasnya.

Bahkan, ia mengatakan, gempa yang mengguncang Manggarai-Flores Mag. 5,8 dan 5,1 ini meskipun dirasakan kuat tetapi belum berpotensi merusak.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x