Soal Gonggongan Angjing, PAN: Orang Tidak Sholat Saja Hormati Adzan, Nah Ini Menag kan Santri?

- 24 Februari 2022, 20:25 WIB
Soal Gonggongan Angjing, PAN: Orang Tidak Sholat Saja Hormati Adzan, Nah Ini Menag kan Santri?
Soal Gonggongan Angjing, PAN: Orang Tidak Sholat Saja Hormati Adzan, Nah Ini Menag kan Santri? /Kemenag

GALAMEDIA – Penyataan Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas yang disebut membandingkan suara masjid dengan gonggongan anjing berbuntut panjang.

Anggota DPR RI Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay pun menyayangkan pernyataan yang disampaikan oleh Menag Yaqut.

Meski tujuan awalnya adalah untuk menjaga keharmonisan dan kerukunan, tapi pernyataan Menag Yaqut dinilai Saleh Daulay jauh dari kearifan dan kebijaksanaan.

“Sudah banyak yang mempersoalkan. Masyarakat telah bereaksi. Malah, di medsos dibahas dengan beragam komentar miring,” ujarnya kepada wartawan Kamis, 24 Februari 2022.

Saleh Daulay berpendapat, tidak sepatutnya seorang Menag membandingkan suara masjid dengan gonggongan anjing.

Bahkan, kata dia, orang yang tidak sholat saja masih menghormati adzan, lalu mengapa Menag Yaqut yang merupakan santri malah membandingkannya.

“Orang yang tidak shalat saja, masih menghormati adzan. Ada banyak kegiatan dan aktivitas yang sengaja dihentikan sementara ketika suara adzan berkumandang. Nah, ini Menteri Agama kan santri. Kenapa malah membandingkan panggilan shalat tersebut dengan gonggongan anjing?” tuturnya heran.

Baca Juga: Respons G20, Rumah Zakat Luncurkan #SaatnyaTumbuhBersama

Lebih lanjut, Aktivis Angkatan Muda Muhammadiyah ini berharap soal adzan yang sudah membudaya sejak lama tak dipermasalahkan lagi.

Menurut dia, selama ini tanpa adanya Surat Edaran dari Menag yang mengatur suara masjid, kehidupan masyarakat tetap tenang.

Halaman:

Editor: Muhammad Ibrahim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x